Final Yamaha Sunday Race 2019 Sentul: QTT 250 cc Pro Rider, Knalpot Baru R25 Rey Ratukore

Rey Ratukore
Rey Ratukore

Maniakmotor – Qualfying Time Trial atau QTT kelas 250CC Pro Rider pada seri terakhir YSR Final 2019 ini berlangsung sengit buat satu tim Yamaha Yamalube Racetech RRS IRC Mandiri. Tetapi yang paling mencolok adalah Rey Ratukore dengan time 1:42.894.

Catatan tersebut didapat Rey saat QTT yang berlangsung di Sentul Besar, Bogor, Jabar pada Satu 23 November 2019 dalam rangka ronde akhir Yamaha Sunday Race. Catata tersebut ni sangat jarang lho kelihatan di Sentul Besar ini. Di tahun ini sendiri baru seri ini ada yang bisa dapat time secepat itu,  biasanya mentok 1:43.000-an.

“Yang spesial di seri ini adalah knalpot R9. Knalpotnya desai baru dengan mengutamakan putaran mesin pas di sudut-sudut Sentul. Lalu motor tinggal saya push sesuai pengalaman,” sebut Rey yang sedang sibuk membuka laptopnya untuk melihat data ECU R25-nya.

Rey dan knalpot R9

Knalpot R9 tadi masih prototipe. Katanya baru dia yang menggunakannya. Knalpot ini juga buat perkenalan awal digunakan di ARRC ronde terakhir. “Knalpot ini bos R9 sediri yang mendesain, merancangnya dan menghitungnya,” tambah Rey yang diklaim mesin R25-nya bertambah 0,8-1,5 Dk dengan knalpot R9 tersebut.

Di seri ini, R25 Rey disetel lewat email oleh bos Racetech, Ko Leon. “Datanya diemail oleh Ko Leon. Saya yang menerapkannya. Ko Leon sedang ke Filipina. Jadi saya pakai laptop ini tinggal input saja ke ECU-nya,” sebut Rey Yang menggunakan AFR pada angka 11,5.

Di posisi ke dia ada Faerozi yang masih satu tim dengan Rey. “Saya tadi ikut rombongan bersama Kak Rey dan Aditya Fauzi, karena kami sudah sangat sering latihan bareng dan saling sharing. Jadi kami saling mengetahui kelebihan masing-masing,” sebut M.Faerozi yang akan fokus race besok untuk ke depan.

Di urutan ke tiga ada Aditya yang baru 3 seri ikut kejuaraan sport di Sentul Besar. “Pasti banyak sekali mas perbedaan dengan MKing, untungnya di sekitar saya banyak orang-orang yang memiliki segudang pengalaman,” kata Aditya yang artinya dia banyak bertanya dan diberi petunjuk. Raider

BACA JUGA

Hasil Seri 4 Yamaha Sunday Race Sentul, Bogor, Jabar 23 – 24 November 2019