nhk

Final YCR 2013 Sentul; Isu Yamaha R250 Ke Moto3 Dan R15 Yamaha Asean Race

 

 

ManiakMotor – Sebelum dibuka Grand Final Yamaha Cup Race 2013 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Jabar 16 – 17 November, diawali paparan para petinggi Yamaha yang berkaitan dengan program ke depan. Jumpa pers ini berlangsung Sabtu, 16 November 2013 di tempat sama atau di Sentul juga.

Paling kena sih, program Moto3 yang dipastikan dua tahun ke depan. Artinya lagi bakal ada Yamaha YZF-R250 cc yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. “Sekarang masih pembinaan, sekitar dua tahun ke depan pasti go international. Salah satu wujud pembinaan adalah penempatan final YCR 2013 di Sentul,”  ucap M. Abidin, General Manager Service dan Motor Sport  PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Konsep YCR sendiri mencari rider-rider muda berbakat yang diorbitkan ke dunia. Tentunya bersamaan dengan itu, soal managemen tim dan skill mekaniknya. “Itu hanya bisa dicapai pada sirkuit yang asli sirkuit. Makanya, sekali lagi final YCR 2013 diadakan di Sentul, demi tujuan itu,” tambah Abidin sembari bercerita beda aspal Sentul dan trek dadakan.

Di aspal yang khusus balap instuisi mekanik dalam set-up akan berjalan. Mereka memerlakukan motor seperti balapan internasional.  Pembalap juga dapat ilmu set-up mesin dan suspensi yang wajib mereka dapat. Pembalap dari daerah juga punya kebanggaan tersendri sampai ke Sentul Kecil. Mereka dapat elmu yang memang ilmunya balap. Kalau masih balap di trek dadakan sama saja dengan di daerah mereka.

Pembinaan dalam enam seri sebelum final pun, dianggap berhasil. Dicontohkan soal tata cara berbicara sesama pembalap. “Sekarang  sudah saling tegur sapa. Berbicara di depan umum dan di depan media sudah mulai lancar,” dukung Supriyanto, manajer motor sport YIMM pada program enam seri YCR 2013 yang memang ditekankan. 

Intinya, dalam final ini, 10 pembalap terbaik akan maju ke Yamaha Asean Cup Race (YACR). Di YACR nantinya akan menggunakan Yamaha Jupiter Z1 dan tipe sportnya Yamaha R15, wuih sudah ada tuh motor? “Ya begitulah, silakan diartikan sendiri yang jelas dia fuel injection,” kata Eko Prabowo. GM Marketing Communication & Community Development PT YIMM itu juga becerita pasar bebek, matic dan sport.

Final YCR Sentul sampai berita ini diketik telah terdaftar 226 starter dari berbagai penjuru Indonesia. Pembalap-pembalap terkenalnya antara lain Anggi Permana, Yoga Adi, M. Zaki, Sulung Giwa, Reza Pahlevi dan pokoknya semua terkenal deh. Saat ini cuaca kurang mendukung alias wet race. Ghalib

BACA JUGA

Final YCR 2013 Sentul (Jelang); Puncak Para Jagoan Region Indonesia

Yamaha Riding Academy 2013; Pembalapnya Seleksi Langsung Di Jepang Dengan Supersports 600

BAGIKAN