nhk

Final YSR Sentul 2019: Aki Motobatt Unjuk Kekuatan Setrum Motor Balap…!

Setyawan cs

Maniakmotor – Salah satu produk menarik dan memang digunakan peserta Yamaha Sunday Race (YSR) adalah aki Motobatt. Aki di Indonesia yang terjangkau yang sangat cocok digunakan pada motor balap. Semacam aki kering. Jadi, walau motornya jumpalitan air akinya nggak tumpah-tumpah.

“Karena aki Motobatt sudah menggunakan gel atau jel. Jadi sangat cocok dengan balap yang bukan mengharapkan pembalapnya jatuh, tapi itu memang bagian dari balap. Jadi walau akinya terbalik, miring dan berguncang lainnya masih tetap mengirim arus dengan normal. Jel ini selain mampu mendinginkan sel-sel aki juga merupakan penghantar listrik yang baik,” kata Setyawan, Supervisor Marketing Motobatt yang hadir di seri terakhir YSR pada 24-25 November 2019 di Sentul Besar, Bogor, Jabar.

Pilih Motobatt-nya

Motobatt bagian dari sponsor YSR dari sekian sponsor yang mendukung event one make race tertua di Indonesia tersebut. Motobatt membuka stand di “Exhibition Center” atau tempat disediakan Yamaha untuk sponsor mereka pamer produk. Di Exhbition Center ini para pengunjung dapat melihat berbagai produk menarik dari sponsor YSR.

Aki kering memang sudah banyak di pasaran. Tapi walau disebut kering, mereka tetap menggunakan cairan elektroda. Cairan tersebut ditutup mati pada ruang selnya, jadinya memang aki kering. Sedang Motobatt adalah gel elektroda pengantar listrik sekaligus pendingin.

“Gel ini yang  memanajemen setrum pada sel-sel aki. Penyimpannanya lebih utuh. Saat dihantarkan juga bulat-bulat sesuai besaran arus yang dibutuhkan. Misalnya kekuatan aki 12V dengan 8 Ah, sentrum yang diminta menjalankan seluruh kompenen kelistrikan 6 ampere. Ya 6 ampere itu yang tersalurkan dan 2 ampere sebagai cadangan,” tambah Setyawan yang bilang spesifikasi macam itu dibutuhkan di motor balap. Di balap saja jago, apalagi harian.

Dengan jel juga, kualitas sel volta pada anoda yang muatan negatif dan katoda bermuatan positif berproses menciptakan arus listrik DC terus menerus dengan seragam alias stabil. “Jadi tidak mengganggu frekuensi kinerja ECU. Seperti balapan era sekarang yang canggih dengan elektroniknya, aki juga harus mengikuti,” pungkas Setyawan yang bilang untuk Motobatt tipe MTZ5S dengan kekuatan 12 Volt 4.2 Ah digunakan R15 dan R25 menggunakan tipe MBTX7U dengan spesifikasi 12 Volt 8 Ah. Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353