nhk

First Ride : BMW 310R Model Telanjang Mini Pertama Bavarian, Lincah dan Ringan

Siap dipasarkan akhir Oktober ini

ManiakMotor – BMW 310R merupakan sepeda motor pertama BMW Motorrad model telanjang berukuran kecil, hasil kolaborasi dengan TVS India. Rencananya, akhir Oktober motor jenis sport diluncurkan dengan harga sekitar Rp80-jutaan. Nah, sebelum dipasarkan media online Italia sempat melakukan first ride. Seperti apa?

Lincah dengan konsumsi bahan bakar cukup irit
Lincah dengan konsumsi bahan bakar cukup irit

Dalam tulisannya, sang tester memuji kualitas model telanjang mini milik perusahaan Bavarian dengan tarikan garis mengesankan kencang dan warna yang sporty. Secara keseluruhan, model yang terinspirasi dari BMW S1000R ini sangat rapi, kecuali tampilan knalpot dengan ornamen Teutonic sedikit kasar. Sistem saluran buang ini diproduksi di Bangalore, India.

Soal tampilan tentu sudah banyak dibahas. Nah, sang tester benar-benar fokus berkendara. Terutama, menyangkut kestabilan. 310R berdimensi panjang 1.988mm, lebar 896mm, tinggi 815mm dan tinggi jok dari tanah 760mm sangat ideal untuk postur tubuh 170 cm. Sadel lebar dan saat manuver, kontrol bodi baik, lincah dan ringan. Ini lantaran bobot kendaraan 158 kg.

BMW310R,motorrad, sport
Indikator model LCD

Bukan itu saja. Faktor pendukung lainnya, geometrinya bukan hanya didukung sudut rake pendek pada triple T pengikat shock breker depan, tapi juga posisi suspensi belakang yang dirancang untuk berkendara dalam kota, dan hitungan memperkuat traksi ban ke aspal dan jalur berpasir.

Kemudian, posisi kaki meski tinggi tidak terlalu mundur dan posisi duduk pun tidak membuat lutut cepat letih. Asyiknya, di kaki tidak terasa getaran mesin, berarti BMW merancang balancernya di kruk as lebih sempurna.

Pengendara tak perlu takut melakukan pengereman dekat saat masuk tikungan. Berputarnya roda depan dan belakang dengan pelek palang lima ukuran 17 inci dibalut ban 110/70 dan 150/60 dapat dikurangi lajunya dengan mulus oleh dual channel ABS dengan ukuran cakram 300mm (depan) dan 240mm belakang. Trus, segala informasi soal posisi gigi transmisi, suhu mesin, kondisi volume bahan bakar, takometer,dan tripmeter terangkum dalam layar LCD.

Sayang, desain lampu terlalu kecil
Sayang, desain lampu terlalu kecil

Cukup mengejutkan soal konsumsi bahan bakar. BMW 310R bermesin silinder tunggal dengan kapasitas 313 cc bertenaga 34 dk pada 9.500 rpm dan torsi 28Nm di 7.500 rpm mampu menempuh jarak 30 km per liter. Sedang kapasitas tangki 11 liter berarti dari Jakarta-Bandung dan balik sampai Bogor tanpa isi bahan bakar. Dan suara mesin mengisyaratkan tenaga 310R yang agresif.

Meski suara mesin terdengar sedikit bising, tapi perpindahan di antara 6 percepatan (6-speed) lebih lembut tanpa ada jedah. Nah, yang penasaran, tunggu akhir Oktober, ya. MM

BAGIKAN