nhk

Foto-Foto Insiden MotoGP, Boleh Dicoba Sendiri..?

 

ManiakMotorSampeyan perhatikan foto milik MCN di atas dan beberapa foto graper MotoGP, luar biasa kan. Sangat tak mudah mendapatkan foto seperti itu. Selain punya ID-card masuk lintasan MotoGP, brosist juga wajib punya bakat motret dan keberuntungan luar biasa untuk mengabadikan momen yang hanya berlangsung sekejap. Oya lupa satu lagi, tentu harus punya pula kamera dengan lensa panjang memadai. Setelah itu perlu kesabaran menunggu dan keberuntungan mendapatkan momen terbaik.

Kalau mau tahu, itu adalah foto Ben Spies (Yamaha Factory Racing) saat kecelakaan di GP Indianapolis, Amerika 2012. Ia memang apes sepanjang musim sampai akhirnya mundur dari Yamaha, tapi foto ini telah memberi banyak ‘kata-kata’. Bukankah sebuah foto lebih bermakna dari seribu kata, seperti kata banyak orang?

Telah lama MotoGP jadi salah satu ajang perburuan para fotografer untuk mendapatkan foto-foto atraktif, begitu pun berbagai ajang balap lainnya. Hujan atau panas tak boleh jadi rintangan. Seorang fotografer senior pernah berpetuah pada awak maniakmotor.com agar memperhatikan dua hal penting dalam liputannya.

Yang pertama adalah menyediakan foto-foto yang dibutuhkan redaksi sesuai format berita. Selebihnya silakan bereksperimen dengan kameranya. Itu tustel jangan hanya dipakai buat motret para umbrellagirls apalagi sampai ke belah dadanya, ya bagus, tapi bukan fokus utama. Lebih penting merekam momen-momen yang bisa di luar dugaan. Seperti fotonya Spies inilah. Kalau forografernya hanya fokus pada rivalitas Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa saat itu tentu tak bakal dapat foto action macam Spies ini.

“Jadi, ikuti saja laju semua pembalap di depan kamu. Dari satu titik sampai titik lain, tentukan titik fokusnya. Tentu sesuai kemampuan kamera dan lensanya, tak peduli siapapun dia dengan posisi siap menjepret kalau terjadi sesuatu. Sebelum motor mengalami insiden atau momen yang bagus untuk difoto, pasti irama mesin akan berubah dari normal. Itu namanya pendalaman feeling. Suara berubah dari normal masuk tikungan, pasti motornya aneh untuk difoto,” kata sang senior.

Tak penting siapa sang senior tersebut. Tapi, itu salah satu tip sederhananya untuk memotret di ajang balapan yang bisa sampeyan terapkan di ajang balap pasar senggol maupun balap yang tak banyak senggolnya. Peralatan dan persyaratan administratifnya memang beda dengan MotoGP, tapi prinsip memotretnya sama. Jangan minder meski ndak pakai kamera canggih plus lensa raksasanya. Banyak foto bagus justru terekam dari kamera poket. Tetapi yang difoto MCN ini, jelas pakai kamera canggih dan lensa panjang. Monggo dicoba! Andro

Berita Terkait

Hasil Semua Sesi MotoGP Malaysia, Sepang, 19 – 21 Oktober 2012

Ben Spies Janjikan Kejutan, Kitanya Yang Tidak Terkejut

Pramac Ducati Tampung Spies & Iannone

Ben Spies Mundur dari Tim Yamaha Akhir 2012

Catatan MotoGP Catalunya. Nasib Ben Spies Di Ujung Tanduk

 

BAGIKAN