nhk

FP1-FP2 MotoGP Misano 2018: Vinales Ubah Cara Mainkan Mesin M1, Berhasil Katanya

ManiakMotor – Pembalap jangan hanya menuntut motor agar mengikuti dirinya. Tapi pembalap juga harus berusaha mengikuti motornya! Itu bila semua set-up telah dilakukan, namun masih merasa ada yang kurang. Urusan pembalap untuk mencari solusi cara naik selanjutnya.

Semacam itu yang dilakukan Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha MotoGP. Trik ini dijalankan di saat tuntutan akselerasi lewat elektronik M1, “Dimulai dari perubahan kecil pada set-up M1 saat tes privat di Misano. Saya bisa menemukan kembali cara naik M1 yang lebih baik,” papar Vinales yang lebih lama lagi belum juara seri dibanding rekan setimnya Valentino Rossi.

Triknya itu membuatnya sangat mudah memainkan M1. Motor selalu nurut pada jalur yang dia tuju. Dicoba di Silverstone dari babak latihan sampai kualifikasi, sangat berguna. Di Silverstone, Vinales memang bermain di papan atas, sayang lombanya gagal. Lalu diulanginya lagi di testing pribadi Aragon yang kata dia juga manjur.

Ditenggarai perubahan cara Vinales ini, lantaran M1 ada progress  pada elektronik dari hasil testing. Kalau begitu, akselerasi juga lebih jalan, lebih tepat antara rotasi roda dan pembacaan elektronik. Persis juga yang dibicarakan para petinggi Yamaha dari hasil testing.

Vinales antara membenarkan dan tidak soal elektronik tersebut. Baginya trik baru ini tak harus mesti halus memainkan M1-nya, “Agak sedikit agresif. Dan pasti ini akan membaik di Misano. Sebab dengan cara ini elektronik lebih bekerja pada akselerasi,” sebut Vinales soal temuannya menaklukan M1.

Ditunggu buktinya. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jumpa Pers MotoGP Misano 2018: Marquez, Rossi, Lorenzo Dan Dovi, Cerita Kans..!

Salam Ditolak..! Rossi Dan Marquez Kembali Panas Di Jumpa Pers MotoGP Misano 2018

 

BAGIKAN