FP1 MotoGP 2021 Portimao: Marc Marquez Lebih Penting Membalap Lagi, Point Belakangan

Marc dalam jumpa pers

ManiakMotor – Marc Marquez pada FP1 MotoGP Jumat 16 April 2021 di sirkuit Portmao, Portugal bertepatan 260 hari dia kecelakaan fatal GP Spanyol 2020. Joki Repsol Honda itu kembali ke paddock MotoGP dengan senyum menewan.

Pers senang melihatnya berpartisipasi dalam jumpa pers Grande Prémio 888 de Portuga pada Kamis sore. Marquez tetap di kursinya saat temu wartawan dalam bahasa Spanyol. Ia menjelaskan detail tentang semua yang telah dia lalui dalam sembilan bulan terakhir.

“Pertama senang bisa bersama Anda, dengan seluruh keluarga MotoGP secara umum. Senang dengan perasaan khas racing. Saya sadar itu adalah akhir pekan yang biasa ketika menuju FP1. Saya juga tidak yakin akan seperti apa setelah sembilan bulan tidak mengendarai motor MotoGP. Kami datang ke sini tanpa tujuan pada tingkat hasil,” terang Marc yang ruangan jumpa pers rata-rata dihadiri wartawan Spanyol.

Bagi Marc tugas utama mengendarai motor lagi dan melakukan langkah terpenting dalam pemulihan. Menjadi pembalap lagi, kembali ke kompetisi. Dari sana, baru bertahap. Ia mengakuii fisiknya tidak 100%. Bersama dengan para dokter ia percaya inilah saatnya. Katannya, tulangnya yang cidera telah terkonsolidasi.

Sekarang sampai pada bagian fisik dan mental, yang terasa seperti pembalap MotoGP lagi. Siap tancap dengan kecepatan 300 km / jam dan mengalami kecelakaan pertama setelah sekian lama. Dan itu akan tiba. “Logikanya, Anda merasakan dan akhirnya merasakan bahwa di media ada ekspektasi yang besar. Tapi harus tahu bagaimana mengisolasi diri, fokus dengan tim dan tidak merasakan tekanan lebih dari yang seharusnya,” tambah pembalap momor 93 itu.

Itulah yang Marc lakukan dalam pemulihan. Sampai dalam pertemuan dengan semua dokter mereka  membuat keputusan bulat untuk turun di Portmao ini.

Lantas ditanya perkembangan lawan-lawannya di sirkuit terutama para anak muda. “Jika nonton TV dari sofa, semuanya berkembang. Joan Mir berkembang pesat. Dia adalah Juara saat ini dan memiliki pengalaman meraih gelar. Dilihat lagi musim ini apakah Fabio Quartararo dan Maverick Vinales ada lompatan. Ducati jelas ada Zarco yang mengejutkan. Masih akan sulit dihitung berikutnya. Saya tidak akan bertaruh pada siapa pun karena tidak tahu siapa yang harus dijagokan,” elak Marc soal prediksi.

Balik lagi cerita cideranya, katanya paling sulit periode Oktober hingga November tahun lalu. Soalnya usai operasi kedua, hampir tiga bulan tetapi perasaannya  ada yang tidak berfungsi. Dalam hatinya apapun dilakukan.

“Saya perhatikan ada tidak benar. Saya memutuskan menjalani operasi karena ada sesuatu yang tidak beres sehingga dokter menasihati. Dengan infeksi, sulit karena tidak tahu persis apa yang terjadi. Dokter dan keluarga mengalami kesulitan dengan operasi ketiga, tetapi pada akhirnya seperti sekarang,” senyum Marc.

Ditanyakan juga perbedaan saat ini di klasemen 40 poin, “Mengenai point saya tidak khawatir atau terobsesi untuk mengejar. Sejak awal itu bukan pertarungan saya atau tujuan utama. Jika tujuan pertama tercapai, maka kami akan memikirkan tujuan besarnya, yaitu kejuaraan dunial. Yang pentung kembali balap dulu,” tegas aban dari Alex ini.

Bagi Marc ia akan coba untuk memulai langkah demi langkah, untung di rumahnya ada adiknya si Alex bermain PlayStation. “Dengan tangan di gendongan, saya tidak bisa berbuat banyak. Saya juga coba menikmatinya di rumah, berjalan-jalan, gaya hidup yang berbeda yang selama dilewatkan,” tutup Marc.

Marc dan kompetitor MotoGP di Sirkuit Internasional Algarve pada pukul 15:55 waktu Indonesia pada hari Jumat. Raider

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2021, Moto2 Dan Moto3

MotoGP Portimao 2021: Sejak FP1 Quartaro Dan Vinales Mulai Susun Strategi Buat M1

Jelang MotoGP Portimao 2021: Marc Marquez Sah Ikut, Lewati Medical Check Up

Jelang MotoGP Portugal 2021: Pedrosa Mulai Melunak Jadi Wildcard KTM