nhk

FP1 MotoGP Aragon 2021: Vinales Belum Terbiasa Dengan Aprilia! Mengerem Terlalu Cepat!

Maniakmotor – Katakanlah Vinales sudah bisa sedikit senang setelah mendapatkan kontrak dari Aprilia dan mendapatkan hasil baik pada tes di Misano kemarin. Namun hari ini ia bertemu dengan kenyataan pahit yang cukup jelas mulai dari FP-1 di Sirkuit Aragon itu. Aprilia adalah motor dengan potensi yang sangat tinggi, namun harus dipamahi secara menyeluruh untuk memakai potensi yang sangat tinggi tersebut.

Hanya bisa berada di posisi ke-19 pada hari Jumat, dan berada 14 posisi di belakang Aleix Espargaro yang motornya sama, pasti jauh dari ekspetasi banyak orang – orang. Karena memang M1 dan RS-GP terlalu berbeda untuk mengharapkan Vinales bisa mendapatkan hasil terbaik dalam satu seri.

Tentunya, performanya hari ini akan menjadi pembelajaran untuk sesi – sesi berikutnya. “Hari ini saya hanya berpikir untuk beradaptasi dengan motor, yang memang tidak semudah dengan apa yang saya bayangkan. Saya bisa melakukan beberapa sektor individu yang baik, dan bisa mengalami perkembangan dari fp1 ke fp2.” Sebut Vinales dengan senang.

Malam ini ia akan mempelajari RS-GPnya lebih mendalam, baik secara data telemetri dan evaluasi pengalamannya hari ini. “Hal ini sangat perlu dilakukan, terutama untuk mendapatkan perkembangan di hari esok. Terutama untuk melakukan hal yang ideal dengan motor baru saya ini. Apa yang saya lakukan hari ini sangat berlawanan dengan apa yang motor Aprilia minta, dan itu sangat menurunkan potensi.” Tambah Vinales yang masih menyesuaikan diri, setelah baru jalan 2 bulan ia berpisah dari Yamaha.

Perpindahan dari Yamaha ke Aprilia ini sangat berbeda ketika ia pindah dari Suzuki ke Yamaha. “Mesin dan chassis Suzuki cenderung memiliki rasa yang sama dengan Yamaha. Sementara Aprilia dan Yamaha benar – benar memiliki filosofi dan pendekatan yang berbeda. Namun kami percaya bisa mendapatkan perkembanan di beberapa langkah di depan.” Jelas Vinales yang sangat giat dalam bekerja dengan orang – orang Aprilia.

Vinales pun tidak muluk – muluk dalam menentukan hasil balapnya pada akhir pekan ini. “Karena tujuan saya sebelum seri ini adalah mengharapkan feel atau perasaan yang baik dengan motor. Mendapatkan feel tersebut saja sudah membuat saya senang pada pekan balap pertama saya bersama Aprilia ini.” Tutup Vinales dengan senyum khasnya.

Raider

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/customer/www/maniakmotor.com/public_html/wp-content/themes/Newspaper/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353