nhk

FP1 MotoGP Valencia 2017 : Iannone Tercepat, Marquez Di Bawah Dovi, Rossi Ke-18

Iannone, FP1, Motogp

ManiakMotor – Marc Marquez menunjukkan superioritasnya di trek Ricardo Tormo yang anti-clockwise (kebalikan arah jam). Bayangkan, ia tercatat lima kali dapat mempertajam waktunya sendiri dalam FP1, pagi ini (10/11).

Hanya, Jack Miller yang tidak kehilangan akal untuk mempertontonkan kehebatannya pada calon tim barunya Pramac Ducati. Ia sengaja menguntit Marquez sehingga bisa membayang di belakang. Bahkan di sisa 7 menit terakhir, best time Marquez yang 1:31.486 dapat dilampaui menjadi 1:31.357.

Tapi, ini belum bisa jadi patokan karena kondisi cuaca meski cerah, suhu udara masih rendah. Sehingga, pembalap masih mengandalkan ban lunak dan medium untuk belakang. Nanti, FP2 yang bisa dijadikan patokan kekuatan sesungguhnya.

Setidaknya ada dua pembalap harus kerja keras di FP1 ini. Pertama, Vinales karena tahun lalu ia masih sama Suzuki dan Lorenzo dengan Yamaha dan tidak ikut tes di Valencia karena terikat kontrak.

Meski tidak punya data, toh penampilan Lorenzo tidak buruk. Dua kali menang di Valencia ini membuatnya pede dan sempat tercepat keempat. Tinggal tiga menit posisinya pun melorot ke-10.

Pun begitu sama Vinales. Pada 25 menit pertama posisinya jeblok alias di luar 10 besar. Tampil dengan M1 fairing model lawas, pembalap Spanyol ini terus memaksakan diri melakukan manuver berani. Sampai akhirnya, ia bisa nyodok ke dalam 10 besar.

Di luar dugaan, dua menit terakhir Iannone dengan Suzuki GSX-RR dapat mematahkan waktu Marquez dengan 1:31.045. Setelah dirinya ganti ban dari medium ke lunak di belakang. Miller ikut menggeser kedua, sedang Dovi kalah cepat 0.431 detik dan berada di urutan keempat.

Marquez yang berupaya merebut kembali posisi tercepat tampak kurang berhasil. Malah ia lebih lambat dari waktu terbaiknya yang 1:31.486 detik dan berada di belakang Dovi.

Rossi yang masih belum menemukan setelan harus mendekam di urutan ke-18. Ini karena ia lebih banyak di pit, padahal di bagian awal sempat kedelapan. Jika, ia tidak bisa tembus 10 besar di FP2, bukan tidak mungkin harus ikut Q1. Rezki

BACA JUGA

Hasil MotoGP Valencia 2017 Moto, Moto3 10 – 12 November 2017

BAGIKAN