nhk

FP2 & FP2 MotoGP Argentina 2019: Spoiler Lengan Ayun Ducati Turunkan Suhu Ban 7 Derajat, Inspirasi Sayap M1

ManiakMotor – Walau sudah dinyatakan legal oleh Hakim Banding FIM, spoiler pada lengan ayun Ducati masih jadi perdebatan. Yang protes belum puas dan menganggap, perangkat pada lengan ayun GP19 tersebut memiliki efek downforce.

Itu lupakan saja. Mari dengar omongan Gigi Dall’Igna sebagai GM Ducati Corse. Pasti benar omonganya, bukti pengadilan banding FIM menyatakan alat itu benaran buat mendinginkan ban. “Sesuai penelitian kami, alat pada swingarm tersebut mampu menurunkan suhu ban sampai 7ºC. Itu hitungan rata-rata,” tegas Gigi dengan senyum.

Ingat ya, samkin panas ban akan membuat kompon over heat alias panasnya berlebih. Itu akan membuat kompon jadi lembek dan kehilangan daya pegangan atau grip. Di saat yang sama, panas kompon berlebihan akan mempercepat degradasi atau keausan ban.

Walau menurut Alex Rins yang geber Suzuki GSX-RR sempat berkali-kali di belakang dan di depan Dovizioso ketika lomba GP Qatar, bahwa alat tersebut dia lihat nggak ada efeknya. Tapi fakta, Dovi dari start sampai finish terus melayani para pesaingnya. Bahkan nggak ada alasan dirinya kehabisan kompon bertempur dengan Marc Marquez sampai finish di Losail.

Gigi sih pada akhirnya hanya berharap, ke depan spoiler pada lengan ayun GP19 digunakan bersama-sama di MotoGP. “Karena fakta mendinginkan ban belakang. Jujur saja, alat ini sebenarnya terinspirasi dari winglet yang digunakan Yamaha di Valencia sebagai ‘deflektorr’ hujan. Alat ini juga belum kami uji di terowongan angin, sebab tujuannya bukan untuk efek aerodinamis,” tambah Gigi.

Pastilah ke depan merek lain akan ngikut sesuai riset mereka, walau sementara ini masih malu-malu. Apalagi yang ikut protes. Ok deh jangan lupa Jumat malam 29 Maret waktu Indonesia mulai 19.40 WIB akan ada FP1 dan FP2 MotoGP. Miolo

BACA JUGA

MotoGP Argentina 2019: Rossi Puji Terobosan Spoiler Ducati, Artinya Pintar..!

Konferensi Pers MotoGP Argentina 2019: Dovizioso Berjuang, Marquez Percaya Diri, Dan Rossi Harap Kering

WSSP 300 2019: Galang Siap Juara, Sudah Latihan Di Aragon Tempat Ronde Pertama

MotoGP Argentina 2019: Honda, Posisi Duduk Pemblap Pun Bagian Dari Aerodinamika

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ayo Vinales, Kencang Jangan Latihan Dan Kualifikasi Saja

BAGIKAN