nhk

FP2-FP3 MotoGP Qatar: Ducati Belum Umbar ‘Fairing Anehnya’

ducati, qatar, fairing baru
Ducati milik Dovi saat pakai fairing baru

ManiakMotor – Ducati yang dikebut Jorge Lorenzo atau Andrea Dovizioso malah menggunakan fairing apa adanya. Mereka belum mengeluarkan fairing yang aneh seperti yang muncul saat test di Qatar lalu. Pada FP1 di Losail, Qatar, 23 Maret 2017, fairing yang mereka gunakan malah standar habis, bis, bis.

Ducati yang diunggulkan bisa menyaingi M1 Maverick Vinales malah berantakan di hari pertama. Dovizioso yang biasanya berkibar-kibar, kemarin hanya ke-11 dengan tertinggal 1.5 detik dari yang tercepat. Lorenzo memang ke-5 tapi masih selisih 1.2 koma gede.

Katanya itu karena soal aerodinamika Ducati tak mampu menekan motor ke lintasan (down force). Sementara untuk menggunakan yang seperti di test, mereka malah defisit 10 km/jam untuk top speed. Padahal kecepatan puncak ini menjadi andalan Ducati.

Sementara hanya Suzuki yang kelihatan saat FP1 menggunakan fairing yang mereka gunakan dalam test. Yamaha, Honda, Aprilia dan KTM sikit menyembunyikan alat pengubah arus angin tersebut. Belum ada keterangan seperti silansir crash, bentuk seperti apa yang dihomologasi divisi teknik MotoGP? Yang tahun lalu dilarang adalah eksternal alias berdiri sendiri yang ditempel.

Kita tunggu saja sebentar lagi FP2 apakah Ducati akan memaksakan fairing aneh mereka? Belum tahu! Mengingat hasil hari pertama kurang memuaskan. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Qatar 23 – 26 Maret 2017

BAGIKAN