nhk

Fun Race Sentul Kecil 2017 Ramai: Nggak Butuh Mekanik Canggih, Motor Nggak Rusak, Murah..!

fun race-2017

 

ManiakMotor – Balap motor yang bersifat fun atau yang disebut fun race, menghipnotis road race Indonesia. Balap benaran yang punya titel mah, putus, tus, tus… diukur dari semua sudut, kecuali regulasinya. Maksudnya, fun race lebih menarik dari segi penonton dan peserta.

Beberapa soal di atas telah dutulis di sini dalam rangka FSCM Ramadhan Race lalu, barusan juga fun race J4-Vent. Tapi ada beberapa yang justru masuk akal fun race diminati. “Misalnya motor lebih awet. Tak butuh mekanik kelas berat, sehingga secara ekonomi jadi sangat murah. Maka fun race alternatif untuk diikuti motor pas-pasan. Dan jangan heran, jumlah mereka ini sangat banyak,” sebut Rudyanto Wijaya dari TJM Racing.

Rudy mampu mengamati karena doski selalu berkecimpung dengan yang resmi. Untuk menjadi yang resmi harus menyediakan dana besar untuk membayar sdm (mekanik), teknologi, suku cadang dan sebagainya. Di fun race, itu nggak perlu. Ya macam mana perlu pak? Contoh lomba fun race di kelas semacam MP1 paling banyak 8 lap. Bandingkan dengan MP1 resmi yang menempuh 25 lap di sirkuit yang sama.

Kalau hanya 8 lap tentu nggak sampai merusak-rusak kantong peserta. Juga belum sampai menguji daya tahan pembalapnya. Dan itu terjadi pada semua kelas lho. Semacam kelas non pembalap cukup 5 lap. Nah kalau ini, sekalian menjadi pembalap bisa jadi lebih murah. Pembalap tak perlu makan dan minum nutrisi dan vitamin. Eh pembalap juga nggak perlu latihan keras secara fisik seperti yang dilakukan pembalap profesional. Kan namanya balapan fun.

Menurut Hidayat alias Kaka dari Kaka Motor, jumlah lap itu memang tidak sengaja terpangkas, dan teranyata ada manfaatnya jadi lebih irit. “Jumlah lap yang sikit-sikit itu, karena jadwal sangat mepet. Kan fun race hanya mampu bahat seperti Sentul Kecil hanya sehari. Nggak kuat untuk dua hari, makanya latihan dan QTT disatukan, hehe,” kata Kaka yang melaksanakan FSCM Ramadhan Fun Race yang berencana bikin tiga seri tahun ini dan seri satunya telah terlaksana. MM

BAGIKAN