nhk

Fungsi Baut Payung

 

ManiakMotor – Cerita sampeyan soal balap, teknik motor bakar  dan soal roda dua lainnya, akan gugur sendirinya kalau tidak kenal ragam baut. Web ini atau maniakmotor.com beberapa waktu lalu sudah membahas kepala baut dan nat pada ulirnya.  Kali ini  baut yang metode pemasangannya bukan menggunakan kunci pas atau kunci ring. Tetapi menggunakan obeng minus atau plus dan kunci ‘L’. 

Bentuk kepala baut model begini lebih besar diameternya dibanding baut biasa. Sebagian menyebutnya baut payung. Tidak sembarangan dibikin begitu, berhubungan dengan fungsi dan kegunaannya, “Baut model ini dipakai pada bagian datar. Misalnya, kalau dalam mesin sebagai pengunci benda yang berputar. Kalau di luar, sering untuk bodi motor. Karena tidak mengganggu estetika, malah kadang bagian dari penampilan,” kata A.S. Mulya Danny yang dijuluki Danny ‘Baut’ saking mengertinya soal baut dari toko baut di Cinere, Depok. 

Diameter kepala baut yang besar penampangnya berguna menekan pelat atau bodi dengan mantap. Kunci yang dipakai pun berbeda, karena sejajar dengan benda yang diikat. Paling umum menggunakan kunci ‘L’. “Untuk bodi biasanya bahan steinless stell atau baja hitam agar tidak timbul karat pada ulirnya yang menyebabkannya sulit dibuka,kata Danny.

Dalam keadaan darurat, baut dengan mata kunci ring atau pas bisa menggantikannya. Tetapi biasanya media tekanannya akan berubah. Bodi juga akan aneh dan lecet. Apalagi untuk menggantikan pada benda yang berputar dan bergerak. Adit

BERITA TERKAIT:
Tips Mengenal Ukuran Ulir Baut
Tips Huss, Usir Geresan Pada Cat
Tips Performa, Dengan Selang 5 mm Top Speed Naik
Tips Darurat Atasi Sil Roda Vespa Jebol
Setel Klep Honda Supra 125
Cuci Motor Sendiri, Cat Dan Anda Sehat
Setel Angin Karbu Kawak Ninja 250
Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis
Filter Bensin Dari Sloki
Setel Deck Clearance Lewat Paking

 

BAGIKAN