nhk

Gagalnya MotoGP Inggris 2018 Yang Disalahkan Aspal Dan Drainase, Bukan Hujannya

ManiakMotor – Mike Webb, Loris Capirossi dan Fanco Uncini adalah tiga tokoh Race Direction MotoGP. Ketiganya mengadakan konferensi pers pada Minggu 26 Agustus 2018 sore. Mereka umumkan gagalnya ronde 12 MotoGP di Silvestone, Inggris.

Kata Webb persoalan datang dari sirkuit, terutama pengaspalan ulangnya. Setelah penundaan yang panjang akibat hujan, namun saat hujan mereda dan itensitasnya kecil, genangan masih berbahaya alias tidak mengalir, “Kesimpulan yang diambil sangat sulit dan disesalkan untuk membatalkan GP Inggris,” sebut Webb.

Webb melanjutkan, kondisi Silverstone berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Maksudnya dengan aspal baru, justru genangan air tidak mengalir pada salurannya (drainase), “Beberapa kali kondisi yang sangat basah, tapi masih mampu menjalankan balapan. Tahun ini, dengan aspal baru, ditemukan genangan di tempat-tempat penting pada racing line,” tambah Webb yang artinya ada kesalahan pada drainase sirkuit.

Konstruksi aspal juga sulit menyalurkan air alias airnya yang terjebak pada permukaan lintasan. “Memang staf Silverstone telah melakukan upaya yang luar biasa selama akhir pekan, tapi itu tidak menolong,” ucap Webb yang belum bisa menyimpulkan di masa depan Silverstone masih kebagian jatah atau tidak? “Mereka harus memperbaiki permukaan aspal dan drainase. Itu saja persoalannya.”

Grand Prix Safety Officer alias keselematan sirkuit yang dipegang Pak Uncini menambahkan, bahwa pihak  Silverstone akan menyelidiki persoalan tersebut, “Sabtu kami mengadakan diskusi tentang perbaikan aspal. Kesimpulannya, Silverstone akan melacak masalah yang terjadi, itu butuh waktu enam minggu. Kami akan menunggu untuk melihat hasilnya, yang pasti Silverstone harus diaspal ulang dengan penataan permukaan lintasan dan drainase,” kata Uncini.

Uncini menyebut ketika peninjauan aspal baru, semua dalam kondisi sangat baik. “Bahkan didukung laporan Cal Crutchlow (pembalap Inggris) yang ikut melakukan tes, dia mengatakan ok. Tapi kemudian, kami temukan saat Formula One di sirkuit tersebut, ternyata bergelombang. Berarti ada penurunan kualitas aspal dari Maret hingga Juli. Itulah situasi lintasan, yang lainnya saya kurang tahu. Mereka (Silverstone) akan melakukan studi mendalam soal ini,” tambah Uncini.

MotoGP™ Safety Advisor Loris Capirossi, Loris Capirossi juga angkat bicara yang akhirnya  pembalap memutuskan nggak berlomba di GP Inggris dalam pertemuan dengan IRTA, “Kami sudah mencoba berulang-ulang dengan safety car, namun sulit menyatakan aman! Ternyata mereka (pembalap) memantau mobil ini yang banyak berlari pada genangan di mana-mana,” papar Capirossi yang artinya mobil empat roda saja ngesot-ngesot apalagi motor. MM

BACA JUGA

Manajemen Silverstone Sesalkan Hak Mereka Dicabut Gagalnya MotoGP Inggris 2018

Resmi MotoGP Inggris Di Silverstone 2018 Dibatalkan…!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353