nhk

Galang Cicip Gokart dan Podium Dua Balap Motor Mini

Pengalaman pertama Galang nyetir gokart

ManiakMotor – Ada pengalaman yang tak bakal dilupakan oleh Galang Hendra dalam mengikuti program Master Camp 2 dari VR46 Riders Academy. Pebalap asal Jogya yang binaan Yamaha Indonesia dapat kesempatan nyetir gokart. Ini memang sesi baru di VR46 Riders Academy yang disediakan oleh Birel dan TM Racing. Barangkali Galang sama sekali belum pernah mengemudikannya. Lo, lantas apa kaitannya dengan teknik balap motor?

Oh…tentu ada! Dengan latihan gokart ini, bilang Galang, dirinya bisa belajar steering-control dengan badan bagian atas dan tangan. “Ini pengalaman pertama saya di gokart. Dapat seragam pula dan ada nama saya. Desainnya seperti driver F1,” bangganya.

VR46, Galang
Dari sirkuit Jeepers pindah ke Misano. Galang podium kedua

Penampilan Galang selama 4 sesi yang dilakukan terakhir di hari keempat  tidak mengecewakan. Dua sesi awal dimanfaatkan untuk beradaptasi, sedang dua sesi terakhir dipakai untuk melahap trek bikinan di sirkuit Misano. Ia mengukir waktu tercepat 37,206 detik.

Namun, sebelum main gokart, para siswa VR46 Riders Academy balap motor mini. Pada edisi pertama, Juli lalu juga ada. Bedanya, bila yang pertama di sirkuit Jeepers Kart & Pit Bike, Cattolicca dengan instruktur Francesco Bagnaia. Sedang di edisi kedua pindah ke sirkuit Misano, tapi hanya berjarak 890 meter. Instrukturnya pun bukan Bagnaia, melainkan Niccolo Bulega, pebalap moto3 yang juga murid Valentino Rossi di VR46 Riders Academy.

Galang (kanan) bersama Apiwat (kiri) dan Daniel Kasman (Malaysia)
Galang (kanan) bersama Apiwat (kiri) dan Daniel Kasman (Malaysia)

Meski motor kecil, kapasitas mesin 150 cc bertenaga 15 HP yang disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 6 percepatan. Top speednya bisa mencapai 150 km/jam. Para siswa mengnikuti metode latihan terdiri dari dua sesi, masing-masing selama 15 menit. Kemudian berlanjut kualifikasi ( dua kali selama 20 menit) dan baru terakhir balap.

Nah, saat balap menempuh 15 lap, Galang berhasil naik podium kedua. Catatan waktu terbaiknya 41,11 detik. Ya, kalah cepat 1 detik lebih sama Rossi yang pernah mengukir 39,3 detik, sedang Bullega 39,5 detik. “Saya lebih suka sirkuit ini daripada sirkuit sebelumnya di Jeepers karena ini lebih panjang dan kondisi aspal lebih bagus. Ini baik sekali untuk skill-up saya, “terang Galang Hendra Pratama yang tahun ini konsen di Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016) kelas Asia Production 250 (AP250). Rilis Yamaha

BAGIKAN