nhk

Galang Dan Imanuel Dilepas Ke VR46 Riders Academy Untuk Dididik Rossi

ManiakMotor – VR46 Riders Academy memang adanya di Tavullia, Italia. Di sanalah Valentino Rossi mengembleng anak didiknya. Tepatnya di ranch milik The Doctor yang disulap jadi sirkuit tanah datar atau flat track. Sebut flat track sirkuit garuk tanah yang dipakai untuk dirt track. Alatnya motor motocross atau special engine (SE) yang roda belakangnya tak pernah diam khas SE. Bagi Rossi, latihan dengan dirt track, manfaatnya banyak bila dibawa ke aspal. Fisik terbentuk, handling motor menjadi feeling, dan reflex akan cekatan sendirinya karena berlatih pada motor yang tak pernah diam, lantaran powernya ke lintasan tanah. Tapi Rossi sendiri mengkombinasikan dengan praktek aspal pada anak didiknya di sirkuit Misano, Italia.

Dua pembalap aspal Indonesia direkomendasikan oleh Yamaha Indonesia akan ke markas Rossi tersebut. Juga diundang langsung oleh Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR) yang menaungi tim Movistar Yamaha MotoGP. Tentu saja mengikuti program Yamaha|VR46 Riders Academy “The Master Camp”. Pelatihnya, ya Rossi sendiri.

M.Abidin, GM After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menceritakan kronologinya pada peristiwa ‘langka’ itu. Ya kan dilatih dewa MotoGP bro. Sebenarnya ada lima pembalap Asia yang diundang ke acara tersebut. Salah duanya,  Galang Hendra dan Imanuel Prtana. Keduanya akan ikut bejajar pada Rossi mulai 4 – 8 Juli 2016.

“Persyaratan Galang dan Imanuel datangnya dari Yamaha Jepang langsung. Yamaha Indonesia sendiri, merupakan official partner Apparel 46|ASIA dan motorcycle supplier dengan digunakannya YZF-R3. Kami bangga Galang dan Imanuel bisa menjadi duta bangsa Indonesia di “sekolah” Valentino Rossi. Mereka bisa menjadi contoh perjuangan anak bangsa,” cerita Abidin saat pelepasan dua pembalap tersebut di stand Yamaha di PRJ, 26 Juni 2016. Pelepasan itu juga dihadiri pada petinggi Yamaha. 

Program yang didorong oleh Yamaha Motor Company (YMC) tersebut, menggabungkan pelatihan dengan dirt track dan road racing. Untuk dirt track menggunakan SE YZ250F dan aspalnya di sirkuit Misano pakai YZF-R3. Di luar latihan itu, juga dibarengi gym training yang benar. “Wah sudah nggak sabar. Yang jelas saya sudah mengasah otak dan fisik agar bisa menerima pelajaran di  VR46 Riders Academy,” kata Galang. “Kalau saya hampir sama, cuma fokus ke cuaca dingin. Fisik harus tahan,” timpal Imanuel yang akan bertolak ke Italia pada Kamis 30 Juni 2016.

Keduanya diharapkan akan cepat menguasai keadaan mengingat Galang dan Imanuel, karir awalnya dari motocross pembibitan. Bahkan sampai sekarang masih sesekali naik SE tersebut. Galang pemuda dari Jogja yang baru 17 tahun. Sedang Imanuel dari Jakarta yang sudah 20 tahun. Keduanya terseleksi di kelas AP250 di Asia Road Racing Championship yang baru berjalan tiga seri tahun ini. Selain keduanya ada juga  Peerapong Loiboonpeng  dari Thailand, Soichiro Minamimoto (Jepang), dan Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia).

Wah Indonesia ada dua tuh. Ya salam buat Romano Fenati, Francesco Bagnaia, Andrea Migno dan sebagainya yang tergabung di VR46 Riders Academy. MM

BACA JUGA

MotoGP 2016: Imanuel Pratna Ikut VR46 Riders Academy Bukan Kebetulan. Ini Kisahnya!

ARRC Thailand 2016 Race-2 AP250: Ak.. Ak… Akhirnya R25 Galang Hendra Podium Juga

MotoGP Assen 2016 Jelang Race: Celaka Saat Latihan, Mental Lorenzo Langsung Goyah?

MotoGP 2016 Assen (Jelang Race): Pengakuan Dovi, Dibantu Rossi Raih Pole, Juga Memujinya

MotoGP Assen 2016 Jelang Balapan: Rossi Takut Saat Balapan Harus Ganti Pakai Mesin Kedua

BAGIKAN