nhk

Galang Hendra Diajari Perangkat Motor Oleh Pietro Caprara

VR46,Galang
Pietro Caprara memberei elmu kepada Galang dan kawan-kawan

ManiakMotor – Galang Hendra, pebalap binaan Yamaha Indonesia, bersama rekan-rekan riders Asia tak melulu dicekoki teknik balap di Second Edition of Yamaha VR46 Master Camp. Seperti di hari ketiga (15/9), paginya Galang menerima edukasi menyangkut perangkat yang ada pada motor. Serunya, materi disampaikan langsung oleh  Pietro Caprara, Direktur Teknik yang juga Kepala kru (Crew-Chief) tim moto3 SKY VR46  milik Rossi.

Materi yang diberikan Pietro menyangkut soal wheelbase (jarak sumbu roda), trail, offset dan fork angle, swing-arm (lengan ayun), dan banyak lagi. Semua itu penting dipahami pebalap agar bisa berkomunikasi dengan para mekanik. Keuntungannya, set-up motor atau setelan sasis dapat lebih optimal.

Karena, selain mesin, itulah bagian-bagian  yang banyak mempengaruhi kondisi motor saat balap. Terutama melakukan maneuver di tikungan. Terlebih pemukaan trek bergelombang,  bisa fatal alias motor bisa oleng.

“Dengan pengetahuan teori yang baik, maka set-up motor dapat menghasilkan kalkulasi yang baik. Juga dapat membangun komunikasi antara pebalap, teknisi, engineer dan manajemen tim, “ujar Pietro Caprara.

Galang merasa bangga menerima elmu langsung dari Pietro. “Ilmu saya bertambah lagi dan akan mengaplikasinya dalam proses set-up motor saya hingga dapat mendapatkan settingan terbaik, “ujar Galang Hendra Pratama, racer kebanggaan Indonesia yang berusia 17 tahun dan konsen di balap Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016) kelas Asia Production (AP250). Rilis Yamaha

BAGIKAN