nhk

Galang Hendra Rasakan Balapan Beneran

VR46, Rossi
Meski simulator, seperti balapan sesungguhnya

ManiakMotor – Cukup komplet elmu balap yang diterima Galang Hendra di edisi kedua Yamaha VR46 Master Camp yang didesain lebih padat dan lebih mendalam dengan konteks peningkatan teknik balap.  Makanya, di hari keempat (16/9), pembalap binaan Yamaha Indonesia, bersama kelima riders ASIA dapat pelajaran baru lagi. Instrukturnya pebalap moto 3 Francesco Bagnaia. Malah ada main roda empat dan balap motor mini, tapi itu siang hingga sore.

Nah, paginya Galang bersama Peerapong Loiboonpeng (Thailand), Soichiro Minamimoto (Jepang), Kasma Daniel Bin Kasmayudin (Malaysia) dan  Apiwat Wongthananon (Thailand) dibagi menjadi dua grup. Kegiatan awal dimulai dengan physical training, yakni senam 30 menit dilanjutkan dengan race-simulator berdurasi 20 menit.

Untuk race-simulator meski hanya 3 lap, Galang merasakan sensasi seperti balap beneran. “Pertama menggunakan race-simulator pastinya sulit dan perlu adaptasi dahulu. Tapi, dengan race-simulator sangat membantu fisik di atas motor tanpa harus ke sirkuit, “serentak Carlo dan Fransesco Bagnaia, akrab disapa Pecco, sebagai instruktur.

“Dengan melakukan pilates (senam), badan saya menjadi lebih releks. Terlebih setelah latihan di Misano dan Motor Ranch. Kalau race-simulator, pada awalnya saya butuh adaptasi dahulu. Setelah putaran 2-3 seperti merasakan kondisi saat bawa motor di sirkuit yang  sesungguhnya, “tukas Galang Hendra Pratama, rider belia usia 17 tahun asal Yogyakarta.

Sesi akhir Physical Training, mereka melakukan cycling untuk calm-down. Ini juga bukan sepeeda beneran, tapi statis yang berfungsi sebagai langkah pelemasan otot-otot. Kemudian masuk ke sesi istirahat dan menikmati makan siang bersama. Tidak hanya sampai di sini. Masih terus berlanjut. Ikuti sesi selanjutnya. Rilis Yamaha

BAGIKAN