nhk

Ganti Laher Roda Depan, Perhatikan Kode Dan Merek!

ManiakMotorBearing alias laher sebagai bantalan, agar benda dialasnya berputar lancar dan bisa tidur nyenyak. Tetapi, sepulas-pulasnya pasti akan bangun, maksudnya rusak. Bisa karena situasi seperti banjir laher kemasukan air, bisa juga waktu penggunaannya. Mirip laher roda depan di Supra X lansiran 2001 milik reporter portal ini, itu karena sudah butut, hehehe, 11 tahun brosist.

Laher si reporter itu rusak. Roda depan motornya sudah tidak nyaman alias nggak nyenyak. “Cara memperbaikinya, ya diganti,”kata Husain, mekanik Shan Motor Sport (SMS) di Banjarnegara, Jawa Tengah. Ya, oke lah kalo begitu, terpaksa harus beli bearing sendiri yang kodenya 6301.Biasanya sih harga tipe ini yang oke di atas Rp 25.000. Tapi ada juga yang Rp 13.000 dan malah ada Rp 10.000. Seperti kata orang, duit nggak bohong.

Nah, cara menggantinya semoga bisa diikuti brosist. Posisikan motor dengan standar tengah. Ini ritual wajib ala portal ini, siapkan kunci-kunci yang diperlukan seperti kunci ring 17, obeng min, palu karet, tang, batang besi (bekas as roda). Langsung angkat roda depan dan ganjal blok mesin dengan kayu. Bisa juga minta teman, istri, adik dan siapa saja duduk di jok belakang buat nahan. Suruh nongkrong saja dia  di situ sampai selesai ritual ganti laher.

Lepaskan kabel speedometer dengan menggunakan obeng (+).“Kendurkan mur as roda pakai kunci ring 17. Tarik as roda sampai roda bisa dilepas. Lepaskan lurus searah dengan rem cakram, agar cakram tidak melengkung,”sambung Edi Santausa, bos Hussain dibengkel sambil sebut untuk roda depan ada 2 bearing disisi kanan dan kiri. Ya, iyalah bro.

Berikutnya, melepas karet pelindung as sebelah kiri dan kanan. Bila sudah tinggal dilanjutkan melepas kedua bearingnya. Sebelum dilepas, alasi terlebih dengan kayu. Cara melepasnya, pukul perlahan batang besi (bekas as roda) dengan palu karet dari balik lubang. Maksudnya, bila laher kanan yang dicopot, batang bekas as roda ini dari lubang kiri. Karena fungsinya untuk mendorong laher keluar dari dudukannya.

Cara pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. “Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya, ketok pelahan laher dari semua sisi. Diganjal dengan bantuan kayu juga bisa,” kata Hussain.

Ya, sudah, tinggal rakit sesuai kebalikannya! Ardel

TIPS LAINNYA:

Bore-Up Yamaha Vega ZR, Ala Street Racing, Pakai Piston Kaze

Bikin Alat Papas Ring Seher

Tutup Tensioner Rantai Keteng FU Dan Mio, Pakai Karet Dumper!

Menambah Diameter Paking Silinder Bore-Up, Rapi Jali!

Rojok Spuyer, Dari Dulu Sampai Detik Ini..!

BAGIKAN