nhk

Ganti Per Balancer Bajaj Pulsar

  

 

ManiakMotor Bajaj Pulsar 135 LS mesinnya suka berisik. Itu bagi yang kurang perawatan. Nih orang sering lupa ganti oli pada waktunya. Akibatnya, per balancer gir bekerja keras dan akhirnya lemah sama dengan lemas. Mending ganti deh.

 

Caranya, siapkan rokok dan kopi. Hehehe. “Bisa dilakukan sendiri. Langkah-langkahnya sederhana,” kata Randi Turangan, doi kepala mekanik dari bengkel main dealer Bajaj Jawa Barat, PT Surya Primatama Megah.

 

Menurut Masto – begitu dia disapa – lebih awal melihat kondisi pegas pada jeroan balancer. Lalu, tangan langsung ambil kunci T8 (foto-1). Longgarkan dan lepaskan baut-baut dari bak  kopling dengan kunci tersebut. Setelah dilepas bak ini, giliran pelat kopling dicopot (foto 2). Biar aman, harus pakai kunci khusus kopling alias treker!

Ambil dan jangan dijual onderdil balancer pada dudukannya. Tapi, copot per yang ada di dalamnya (foto 3). Pasang per  baru dengan kunci khusus balancer. Putar gigi balancer  (foto 4), memutarnya minimal dua gigi tapi berlawanan arah jarum jam.

Dijamin, setelah seluruh onderdil dikembalikan seperti semula, suara mesin lebih tenang. Lebih tenang lagi, mesin  jangan dihidupkan. KA-JP


BERITA TERKAIT:
Tips Mengenal Ukuran Ulir Baut
Setel Klep Honda Supra 125
Cairan Antibocor, Tambal Ban Otomatis
Filter Bensin Dari Sloki
Setel Deck Clearance Lewat Paking
Mainkan Paking, Atur Kompresi Harian
Analisa Dari Busi, Mesin Boros
KLX 150 Letoy Jadi Asoy
Ganti Per Kopling! Tarikannya, Cing..!



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN