nhk

Ganti Per Depan Sokbreker Beat Dengan Supra X Atau Karisma, Stabil Bangat..!

ManiakMotor – Jika pegas sokbreker depan Honda BeAt diganti Supra dan Karisma juga bisa, pasti nyaman. Pernya yang diganti, ya, jangan motornya. Peredam kejut BeAT lebih maksimal. Asyik melibas jalan berlubang dan ayunannya segera berhenti di jalan bergelombang. Bunyi sumbang, trek..trek… pula lenyap. Sebelumnya, bunyi itu dikira komstir rusak atau oli sok kering (berkurang).

Denger aja tips  dari  Deden Hendrayana dari bengkel D2N Enginering.  Bapak ini pernah merasakannya langsung. Walau oli sudah ganti dan komstir dibenahi berikut lahernya, tetap saja begitu. “Per sokbreker BeAT terlalu renggangm kurang keras,” kata pria yang bengkelnya di Jl. AH Nasution No. 258, Cilengkrang I, Bandung, Jawa Barat. Dia sekaligus mekanik dari bengkel tim balap road race tempat bercokolnya Deden Gantar.

Langkah-langkahnya gampang. Lebih gampang lagi kalau dikerjakan di bengkel. Yuk, beli per sokbreker Supra 125. Guna per ini untuk mengganti per asli BeAT di tabung soknya. Pegas sokbreker Supra lebih rapat ulirnya, kerjanya sesuai sirkulasi oli di tabung sok BeAT.

Langsung kerja, jangan banyak teori. Buka delapan sekrup tebeng depan dengan obeng plus besar. Setelah sekrup lepas, tapi ditarik tidak copot-cpot, berarti ada yang lupa. Makanya teliti. Tuh, pelat nomor polisi belum dicopot. Dudukannya menghangi tebeng keluar. Pakai saja kunci 12 melepas murnya.

Simpan baik-baik sekrup dan mur. Pakai wajan khusus untuk berkumpulnya mur, baut, dan peralatan lain. Kalau berceceran nanti hilang. Lama lagi prosesnya. Juga bisa terinjak dan diduduki. Tapak kaki sakit, pantat pun perih. Aduh… Biasa, pemula yang mengerjakan asal taruh peralatan

Siapkan dua obeng min ukuran kecil dan besar. Fungsinya untuk membuka dan menahan tabung  tabung sokbreker. Lalu cungkil ring klip penahan per. Tujuan akhir ngambil per atau pegas bawaan Honda BeAT. Kan mau diganti dengan pegas milik Honda Supra 125.

Nah, tarik pernya dengan pelahan. Jangan buru-buru, Belanda masih jauh. Belanda itu guyon  zaman dulu. Maksudnya, tidak ada yang menunggu, kan prakteknya di motor sendiri. Tarik secara perlahan per bawaan BeAT biar oli nggak muncrat ke wajah kamu. Langkah memasang pegas Supra 25, urutannya sama dengan mencopot.

Gampang, kan. Lebih gampang lagi ke bengkel yang ngerti. MM

BAGIKAN