nhk

Ganti Per Kopling Tarikan Melengking, Tapi Awas Dengan Risiko Ini…!

ManiakMotor–Tarikan lumayan spontan coba lakukan ganti per kopling. Ini cerita harian, cing. Kalau cerita balap, sudah pada pintar mereka soal urusan per kopling racing.  “Ganti lah dengan per kopling dengan produk after market. Tapi cermat memilihnya. Cari yang berkualitas bisa dideteksi dari harganya,” kata Chepy Sugiarto, mekanik tiga zaman dari Jakarta.

Per kopling yang benar teruji yang mereknya sering dipakai  balapan, cing. Banyak contoh merek yang kamu bisa pilih, seperti UMA Racing, Koizumi, TK Racing dan sebagainya. “Cuma jangan lupa tanyakan, untuk balap atau harian. Sebab merek-merek ini ada yang menjual soft sampai hard,” tambah Chepy.

Sudah pasti menggunakan pegas-pegas tersebut, tarikan akan beraksi bagus. Itu anak muda sudah pasti tahu dan pernah melakukannya. Apalagi dengan mesin yang sudah dikorek sikit, akan satu irama dengan per kopling yang sudah lebih keras.

Cuma hati-hati, sekali lagi waspada. Namanya enak, pasti ada konsekuensinya. Sebab, pegas standar yang diatur dari pabriknya sudah disesuaikan dengan material kampas kopling dan rumah kopling itu sendiri.

“Yakni, kampas dan pelat kopling yang dimakan duluan. Jelas jauh lebih boros dari per kopling standar. Itu saking kuatnya tekanan per, dekapan kampas makin kuat pada pelat kopling. Kalau ini nggak diperhatikan, lama-lama rumah kopling yang tergerus dan harus diganti kalau sudah begitu,” wanti Chepy.

Makanya kalau mau beli yang racing, pilih yang paling lembut. Itu kalau untuk sekadar dipakai harian. Bedalah memang untuk adu kebut, mereka sudah tahu resikonya. Lha wong, kalau di balap ada yang setiap event kampas dan pelatnya diganti kok. BonM

BACA JUGA

Tips Motor; Ganti Kampas Kopling Ninja 150, Murah Tenaga Nendang, Dari Chodox!

Kampas Dan Per Kopling KX85 (SE) Sangat Kuat Di Kawasaki KLX150

Tips Motor: Nih Yang Cepat Bikin Aus Kampas Kopling, Bukan Cara Berkendara

Mau Tarikan Asoy, Coba Pasang Kampas Kopling TK Racing, Semua Motor Loh..

BAGIKAN