nhk

Ganti Rantai Roda Satu Set, Lebih Awet!


ManiakMotorRantai roda set atau drive chain kit seharusnya diganti bersamaan. Namanya juga set. Bila diganti per bagian atau parsial, malah sebentar-sebentar akan rusak lagi dan lagi-lagi rusak. Malah lebih boros. Boros waktu pengerjaan dan boros waktu lepas tiba-tiba di jalan. Ingat, waktu adalah uang, ya boros uang juga berarti.

Diganti parsial, antara desain mata gigi dan lubang rantai  sudah berbeda walau dari merek yang sama. “Bila penggantinya masih utuh (baru), yang tidak diganti mencong ke sana ke mari. Lama-lama yang utuh ini akan dirusak yang sudah rusak. Ditambah dengan karakter pemakai yang suka akselerasi dan mengganti gigi secara kasar,” urai Syarul Salam, ST, guru teknik sepeda motor di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng dan sembari bilang. “Tanda-tanda mau ganti, giginya sudah tajam-tajam dan doyong. Rantainya juga suka kendur dan lepas.”

Beda bila diganti satu set, posisi mata gigi dan lubang rantainya masih dalam satu bentuk. Saat mendapat beban  transfer tenaga dari mesin ke roda, gerakkannya bersamaan. “Bila kualitas rantai dan gir bagus dan satu merek, seharusnya lebih awet. Jauh lebih awet jangka gantinya dibanding  pergantian parsial,” tambah Syarul.   

Ayo belajar bersama mengganti rantai roda satu set tadi secara mandiri alias dikerjakan sendiri.  Gampang, selain sehat lantaran keluar keringat juga jadi semakin dekat dengan si dia, ya motor sampeyan. Wkwkwkwk… Sudah, siapkan kunci ring, kunci sok (12, 14,17, 24), dan tang. Lalu motor diposisikan standar tengah di tempat yang lapang.

Ada tiga kategori dalam mengganti rantai. Yakni, pembongkaran, pemeriksaan dan perakitan ulang. Setelah siap, step pertama silakan lepas roda belakang terlebih dahulu.  Lepaskan komponen-komponen rem belakang yaitu: pin cotter, mur, cincin/washer, bantalan karet, baut stopper,  lengan stopper panel rem, mur penyetel, tungkai rem, pegas, dan bagian penyambung.  Lepas juga mur poros dan penyetel rantai roda kanan,lepaskan as roda dari sisi kiri dan tinggal melepas rodanya.

Setelah roda  terlepas, lepaskan gir belakang dan depan, jangan lupa cek kondisi laher roda (kalo oblak diganti). “Setelah gir depan, belakang terlepas, lanjutkan melepas sambungan rantai dengan tang,”sambung guru berinisial SYS ini. Sampai disitu pembongkaran dan pemeriksaan, tinggal dilanjutkan pemasangan dengan urutan terbalik. Jangan lupa menyesuaikan panjang rantai, jangan kepanjanan dan kependekkan. Selamat mencoba! Ardel

TIPS LAINNYA:

Deteksi Klakson Motor, Supaya Preeeet…!

Karburator Sudco, PE, PWK, TM Dan PJ. Apa Bedanya..?

Mesin DOHC Honda CB150R StreetFire Dan Suzuki Satria FU, Sama-Sama Efisien

Kenalpot AHRS F4 TGA, Khusus Matik Bore-Up

Kampas Kopling Jupiter MX, Pakai Milik Honda, Tocker

BAGIKAN