nhk

Garansindo Protes Keras Ketua AISI, Motor Listrik Belum Cocok

gesit-ev50neo-protes

ManiakMotor – Program Kemenhub berupa “Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik” bersama PT Astra Honda Motor sebagai penyedia kendaraan Honda EV50 Neo dan Telkomsel sebagai pemasang alat GPS Trecker menuai protes dari Garansindo.Protes ditujukan kepada AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) yang isinya bukan mempersoalkan uji coba.

Garansindo yang juga sedang merintis motor listrik Gesit bersama ITS merasa keberatan dengan pernyataan ketua AISI Gunadi Sindhuwinata di berbagai media. Dikatakan bahwa motor listrik tidak cocok untuk pasar Indonesia karena mempunyai jarak tempuh pendek. Lalu, infrastruktur untuk motor listrik belum memadai.  “Lain hal, ke depan sudah tersedia infrastruktur secara komplet. Semisal, teknologi motor dengan fuel cell sebagai target kendaraan roda dua masa depan,” tegas Gunadi.

Sementara pihak Garansindo menyoalkan kendaraan yang dipakai Kemenhub dan AHM untuk uji perilaku. “Sebaiknya, standar motor yang diuji motor listrik setara 125 cc. Karena, ke depannya patokan kapasitas mesin bakar terkecil ada di segmen 125 cc atau paling kecil 110 cc,” tegas CEO Garansinso Group Muhammad Al Abdullah.

Jadi, lanjutnya, konsumen hendaknya digiring sesuai standar dan karakter motor yang dipakai saat ini. “Jangan digiring menggunakan produk di bawah standardisasi kesetaraan motor bakar 110 cc dan 125 cc. Kalau hanya terpatok setara 50 cc, jangnankan motor listrik, motor bensin bakar saja tidak dilirik,” papar Muhammad dengan nada tinggi.

Garansindo saat ini sedang gencar agar Indonesia bisa punya produk sendiri. Nah, Gesit sebagai calon produk andalan motor listrik yang berkapasitas 125 cc punya jarak tempuh sampai 100 km. Pengisian baterai dari kosong sampai penuh butuh 3,5 jam. Sama dengan EV50 Neo, hanya jarak tempuh haampir 3 kali lebih pendek dari Gesit, yakni 34 km.

Kalau mau anteng, Gesit juga diajak ikut dalam proyek itu. Hanya, Garansindo dan Gesit belum terdaftar di AISI. MM

BACA JUGA ‘

GESITS, Skutik Tanpa Suara Karya Anak Bangsa, Dipasarkan 2018

AHM Sediakan Honda EV Neo Untuk Uji Coba Perilaku Berkendara Motor Listrik

Motor Listrik Juga Bisa Dimodifikasi Jadi Café Racer

Zero 2016 Terus Coba Setrum Konsumen Dengan Motor Listriknya

BAGIKAN