nhk

Garpu Atau Sokbreker Depan Öhlins Motocross Tipe RXF48S, Pengembangan Dari TTX Flow

ManiakMotor – Ohlins, perusahaan khusus sokbreker asal Swedia meluncurkan produk baru motocross yang radikal TTX Flow pada 2016. Lantas dikembangkan ulang pada 2018 yang namanya RXF 48 S. Nongol juga di Cikini, Jakarta Pusat sebagai markas Ohlins Indonesia.

Disebut radikal lantaran RXF 48 S lebih flow alias lebih mengalir dari pantulan-pantulan lintasan tanah yang sangat tidak rata. Dikembangkan konstruksi, desain dan kinerja setiap bagian komponen. Dilakukan bersamaan dengan pengembangan sekaligus pengujian di Grand Prix Motocross (MXGP).

Tujuannya, agar peredam kejut ini dapat disetel dengan sangat mudah, termasuk juga pemeliharaannya, “Saat MX GP dua kali di Indonesia, Ohlins dunia khusus motocross datang ke Cikini. Mereka memberi tutorial singkat, tapi dalam. Bahkan yang namanya karet stopper itu sebenarnya bisa digonta-ganti sesuai kelembutan karetnya. Ini cerita di motocross,” sebut Eddy Saputra, bos Ohlins Indonesia.

Sengaja memanfaatkan ajang motocross dunia dengan crosser ternama. Ohlins memakai skill penguji internal dan eksternal serta kroser profesional. Suspensi telah dikembangkan  untuk mengatasi berbagai tantangan. “Aliran peredaman kini menampilkan penyanggah  rebound lebih mudah digunakan. Stroke atau rentang jarak main diperluas juga,” tambah Eddy.

Menariknya, per alias pegas (spring) dapat diganti dengan mudah berkat desain model klip penahannya. Kemudian, penyetelan kompresi atau pantulan ke bawah dan rebound alias pantulan ke atas ada indikator mendeteksi posisinya.

Garpu dengan sistem baru tersebut sebenarnya sudah dipatenkan sejak Ohlins membuat pertama kali dengan sebutan TTX (Twin Tube) Technology. Di situ dikelola piston 46 mm berikut setang piston 16 mm. Jadi, ada beberapa setelan pegas membuat nyaman dari beban dan gaya berkendara di arena motocross atau model hobi macam trabas.

Silakan tanya lengkap di Ohlins Indonesia di Jl. Cikini Raya No.70, Cikini, Menteng – Jakarta Pusat,  telepon +6221 316 1606 | +62 877 8822 2067. Bisa juga email; sales@senaautopart.com. MM

BAGIKAN