Gaspol Bro! Luhut Bikin Heboh, Pajak Motor Bensin Bakal Naik, Siap-Siap Dongkrak Ekosistem Listrik

Bro Raider Maniakmotor.com menunggangi Fazzio

Maniakmotor – Di tengah deretan berita kekinian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, bikin heboh dengan rencana naikkan pajak untuk motor bensin. Kabarnya, pemerintah lagi mikir keras nih, bukan main-main, mereka ingin akselerasi ekosistem kendaraan listrik dengan cara ini.

Dalam sebuah acara peresmian perusahaan mobil listrik Build Your Dream (BYD), Luhut ungkap rencana ini dengan penuh semangat. “Kita juga tadi rapat, berfikir sedang menyiapkan menaikkan pajak untuk kendaraan sepeda motor non listrik,” ujar Luhut. Gaspol, gan!

Alasannya? Enggak main-main juga, nih. Pajak motor bensin yang bakal dinaikin ini sebenarnya untuk mendukung subsidi transportasi publik, kayak LRT dan kereta api cepat. Jadi, ada niat baik di balik rencana kenaikan pajak ini, gan!

Luhut nggak mau main-main. Dia bilang nih, “Sehingga (kenaikan pajak) itu bisa mensubsidi ongkos-ongkos LRT maupun kereta api cepat.” Nggak bisa dipungkiri, nih, polusi udara di Jabodetabek lagi jadi perbincangan hangat, dan sektor transportasi, khususnya motor bensin, jadi sasaran empuk.

Nggak tanggung-tanggung, Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB) mengungkapkan bahwa sepeda motor menyumbang 45 persen dari total pencemaran udara di kawasan Jabodetabek. Jadi, Luhut pengen bikin perubahan besar dengan naikin pajak motor bensin.

Rencananya, nih, usulan ini bakal dibahas dalam rapat terbatas bersama presiden. Makanya, Luhut berharap bakal ada turunan regulasi terkait pajak sepeda motor non listrik setelah rapat tersebut. Tapi, dia belum mau ngasih bocoran berapa persisnya kenaikannya.

Pilihan ini bikin kita mikir, apalagi melihat fakta bahwa sepeda motor emang jadi andalan di Indonesia. AISI mencatat penjualan sepeda motor di Indonesia pada 2023 mencapai 6,2 juta unit. Dan skutik masih jadi primadona dengan nyaris 90 persen dari total penjualan.

Sebagai pengendara, tentu kita penasaran, nih. Bakal gimana nih dampak kenaikan pajak motor bensin ini? Semoga nanti ada kebijakan yang bener-bener memberikan solusi terbaik untuk keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.