nhk

Gawat..! Spanyol Lambat Tangani Covid-19, Seri MotoGP 2020 Kritis, Produsen Tarik Diri..!

ManiakMotor – Hari ini atau Minggu 22 Maret 2020, angka kematian  Covid-19 alias virus Corona di  Spanyol dilaporkan 372 meninggal. Itu hari Ahad doang. Spanyol dianggap terlambat merespon Covid-19. Makanya sampai Jumat 20 Maret kemarin masih banyak yang berlatih dengan motor di sirkuit aspal dan garuk tanah. Bahkan wisatawan masih dibiarkan berkunjung di kota-kota besar Spanyol.

Baru hari ini juga langkah-langkah ketat diberlakukan di Spanyol. Bahkan baru melakukan social distancing alias menjaga jarak dengan semua orang. Sekalian diperintah berdiam diri di kediaman masing-masing. Tetapi diprediksi kontaminasi berkembang lebih cepat, bahkan dikhawatirkan lebih parah dari Belanda. Padahal ada empat seri MotoGP diadakan di Spanyol. Termasuk yang 3 – 5 Mei di Jerez nanti.

Tentu saja serial itu makin tidak menentu dan samakin jelas Covid-19 akan panjang jangka waktunya. Para tim Italia dan Spanyol malah bilang tak akan yakin sebelum Juli atau Agustus 2020, serial akan berlangsung. “Tanpa 16 tim dari Italia dan Spanyol, Dorna tak bisa apa-apa,” papar perwakilan tim yang ogah disebut namanya sembari mencontohkan kejuaraan dunia hokis es yang gagal akibat Covid-19, padahal tiket sudah dijual selembar yang kira-kira dengan Rp 20 juta.

Namun yang paling dikhawatirkan pada event Dorna ini adalah mundurnya para produsen roda dua yang terlibat. Alasannya, wabah virus Corona ini bukan hanya membawa penyakit pada manusia. Tetapi juga akan merusak sendi-sendi ekonomi dunia. Di saat itu penjualan setiap produsen menurun drastis. Otomatis mereka nggak punya dana untuk mebayar tim MotoGP.

Hal itu bukan mustahil sembari menunjuk kasus Kawasaki saat krisis ekonomi dunia 2008 mundur dari MotoGP. Lalu Suzuki baru nongol lagi 2011. Juga KTM mundur dari kelas GP125 dan 250 cc pada saat itu. Plus banyak lagi yang dicontohkan pada analis yang dimuat pada speedweek.com tersebut. MM

BACA JUGA

MotoGP 2020: Karena Corona, Diperintahkan Berhenti Riset, Agar Adil Eropa dan Jepang..!

MotoGP 2020: Sirkuit Mugello Pinjamkan Alat Kesehatan, Sentul Anda Nggak Ya..?

MotoGP 2020: Rossi Bersuara Di Sky TV, Berteriak Mendukung Fans-nya Melawan Corona..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353