nhk

Gebrakan WR Super Battery DI Balap Motor, Akinya Total Loss

Aki Motor WR
Perhatikan angka CCA-nya

 

ManiakMotor – Di balap motor dengan pengapian total loss, praktis setrumnya hanya mengandalkan aki. Suplai setrum dari motor itu sendiri sudah dihilangkan. Aki tekor, mesin juga mati. Makanya belakangan di balap motor yang serba elektronik, setrumnya menggunakan baterai lithium yang harganya di atas Rp 8 juta.

Tapi dengan datangnya aki WR Super Battery, udah nggak perlu keluar 8-jutaan. Asli terjadi di balap motor yang serba elektronik. “Kami memang memiliki stabilizer setrum. Tapi dicoba di aki biasa tetap akinya tekor, nggak sampai finish untuk Yamaha R25. Kemarin pakai aki WR saat Sunday Race dan IRS, aman tuh dua race. Sisa setrumnya juga masih banyak,” kata Rey Ratukore yang R25 yang membawanya juara di Sunday Race.

Silakan tanya juga pada tim-tim yang lain deh, soal kehebatan aki WR ini. Selain akinya asli kering dengan pendingin sel teknologi nano, selnya juga ajaib. “Semua motor tim sekarang pakai aki WR. Entah itu sport dan bebek,” timpal Rudy Hadinata, bos Honda Trijaya yang saat ini sibuk ikut ronde 3 MotoPrix Region Jawa di Banten.

Bukan hanya mampu menyuplai setrum pada ECU. Tapi juga stabil sepanjang balapan. Setiap kali ECU meminta setrum untuk melayani mesin, setrumnya tersedia. Kan sudah dijelaskan sebelumnya,  bahwa Cold Cranking Amps (CCA) WR paling tinggi. Penyimpanan setrumnya dan dikirim kembali untuk digunakan selalu banyak. Kendati itu aki sudah lama tak digunakan, apalagi saat digunakan. Coba baca ini.

Paslah buat total loss yang aki besar CCA-nya dibutuhkan. Ingat ya, tipe aki untuk kapasitas 250 cc ke atas adalah WRM7S atau WRM9S. Harganya antara Rp 600 ribu. “Tetap disarankan menggunakan stabilizer setrum,” tutup Rudy.

Kalau mau lebih jauh lagi soal aki ini silakan ke TJM Racing, JL. Arteri Panjang, Kedoya Selatan, Blok I9, No.9, RT.5/11, Kedoya, Jakbar. Atau HP 085946463366 dengan Firman. Bisa juga dicari di speed shop terkemuka di Indonesia yang mau jadi distributor juga dilayani. MM

BAGIKAN