nhk

Gemparnya Motocross 2017 Nasional Oleh Delvintor Alfarizi, Bule Diasapin Jauh

Delvintor-2017-a
Saat ikut Powertrack di Indonesia

 

ManiakMotor – Dua perhelatan Powertrack alias event papan atas motocorss yang dihadiri crosser bule, malah crosser Indonesia cemerlang. Biasanya itu bule-bule seperti bawa sapu yang menyapu semua sesi, nggak ada lawan. Apalagi bule yang diundang panitia. Dua event itu  para bule dibikin geleng pale. Ternyata pemain kita ada skill di atas mereka. Dan itu baru terjadi dalam dua event Powertrack tersebut.

Delvvintor (225). Di Eropa hidup sendiri

Siapa dia? Mari kita panggil  Delvintor Alfarizi, kasih aplus dong. Doski anak Karawang, Jawa Barat yang lahir September 2001 atau 16 tahun lalu. “Saya 8 bulan pergi ke Belanda sendiri dan ikut kempetisi di sana. Kebetulan akhir tahun ini di sana dingin, jadi berlibur dulu ke Indonesia,” sebut Delvintor yang di Belanda ikut sekolah JB MX Pro yang ditukangi mantan crosser papan atas dunia John Van Den Berk.

Coba perhatikan saat ikut di Powertrack di Batu, Malang, Jawa Timur pada 5 November 2017 saat Delvintor baru pulang dari Belanda. Di race-2, ada tiga bule Oztrali di belakangnya. Ya dia juaranya. Sedang Powertrack di Temanggung, Jateng 25 November kemarin, sepanjang penulis ini mengamati motocross puluhan tahun lalu, baru kali ini ada bule undangan ditinggal nyaris 1 detik saat kualifikasi. Waw…. sambil angkat jempol deh…

Juara di Belgia

Moto-1 dan moto-2 sama saja, Delvintor menguasai keadaan. Dasar keterampilannya di atas motor special engine memang berbeda saat dia belum ke Belanda. Mantan anak didik Jhony Pranata sejak era SE65 itu, lebih sigap. Tidak kaget dengan perilaku special engine yang liar saat berada di trek liar khas garuk tanah. Justru dia yang membawa motornya, nggak dibawa-bawa motor.

Badannya juga lentur mengikuti alunan suspensi SE di jalur tanah. Bodinya menjadi kesatuan dengan motor. “Di moto 1, handel kopling saya lepas. Jadi agak susah masuk tikungan terutama pada gigi rendah. Moto 2 motornya sehat,” sebut Delvintor yang saat 8 bulan di Belanda sekaligus ikut kejuaraan motocross junior Dunia dan Eropa.

Di kejuaraan junior dunia MX2 itu, Delvintor masuk 46 besar dari 93 starter reguler. Untuk Eropa dia sempat podium kedua di Belgia, di Prancis ke-3 dan sebagainya yang sulit disebut atu-atu. Tapi hasilnya setelah mengikuti budaya motocross di Eropa, luar biasa di Indonesia. “Sebenarnya budaya balap inilah yang mendidiknya. Teknik-teknik dasar sudah ada dari Indonesia, tapi jarang digunakan sampai dalam,” sebut Pak Dani, ortunya Delvintor yang akan mengirim kembali Delvintor ke Belanda usai musim dingin di sana.

Demikianlah akhir tahun ini, motocross Indonesia dikagetkan yang namanya Delvintor. Miolo

BAGIKAN