nhk

Geser Timming Kem, Tingkatkan Akselerasi, Tanpa Bubut/Gerinda Kem

Gear Timing Motor, Gir Timing

ManiakMotor – Buka tutup klep masuk dan buang diatur tonjolan (lobe) pada kem atau noken as. Waktu  (durasi)  telah dipatok tonjolan kem, namun masih bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, tanpa bubut atau merusak noken-as. Semakin waktunya dimajukan maka power akan cepat keluar dengan konsekuensi tenaga pada putaran atas akan berkurang. Sebenarnya menyempitkan celah klep masuk dan buang bagian dari itu.

Tapi yang diceritakan kali ini soal waktu membuka klep yang diatur dari gigi atau sproket noken-as. Pada gigi ini waktu bukatutup atau timmingnya bisa digeser. “Itu tanpa berpengaruh durasi atau lamanya klep membuka dan menutup. Hanya sipatnya memerintah klep yang diakali,” kata Wawan Kristiarto yang dikenal di dunia drag bike dengan racikan Satria FU berbendera tim Abakura Ditra Jaya Solo.

Trik itu membuat waktu pembakaran lebih awal berikut dengan siklus buangnya. Pengaruhnya tenaga keluar lebih cepat dan responsive. Sikit membuka gas saja, motor sudah ngibrit. “Semua mesin 4 langkah bisa mengaplikasi cara ini, intinya kem disetel lebih maju. Misalkan kem berputar searah jarum jam, maka pergeseran dilakukan berlawanan,” jelas Arief Sigit Wibowo alias Pele, ahli ramu mesin dari tim Pells Racing yang Jupiter Znya bejaban dengan Satria FU di arena drag bike.

Prakteknya adalah dengan cara membuat coakan baru pada gir kem. Dengan coakan baru otomatis posisi kem saat kondisi top akan lebih maju. Di Satria Fu coakan pada gir kem bisa dibuat maju 2 derajat dari aslinya, “TOP di indikator gir sama dengan standarnya, namun kem akan memerintah klep membuka lebih awal,” jelas Wawan.

Umpama klep in mesin standar Honda CB150R membuka 5 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas), dengan menggeser maju 2 derajat maka bukaan klepnya menjadi 7 derajat sebelum TMA dan menutupnya juga maju 2o. Cara ini bisa diterapkan di semua mesin bakar 4 tak yang menggunakan klep, tapi harus diingat langkah ini untuk menaikan akselerasi yang berakibat top speed atau kecepatan puncak akan berkurang. Mana ada dua-duanya bisa digapai sekaligus, mesin tidak bisa diperintah jadi tamak brosist…

Jangan khawatir saat ini sudah banyak igi yang boleh disetel tanpa dicoak-coak. Pada dua baut pengikatnya sudah tersedia lubang geser sesuai timing yang diinginkan. Lubang pada gigi yang jadi lubang baut diperbesar kiri dan kanan. Tidak perlu lagi digedor, dibubut dan dikikir.  Gigi ini disebut adjustable timing gear.

Malah pada kotaknya telah tersedia langkah-langkahnya. Misalnya, saat memasangnya perhatikan posisi ‘T’ atau top standarnya. Lalu, garis-hgaris pada gigi diselaraskan sesuai kebutuhan. Sekali lagi, kalau tidak mengerti jangan coba-coba. “Tetap disarankan pergi ke mekanik yang mengerti. Mereka akan menggunakan piringan derajat saat pemasangan dan  menyetelnya,” tambah Wawan.

Sebab jka salah, bukannya motor yang kencang, malah justru pelan sekali. Bisa-bisa juga diam di tempat, karena mesinnya ancur ... ManiakMotor

BAGIKAN