nhk

GESITS, Skutik Tanpa Suara Karya Anak Bangsa, Dipasarkan 2018

ManiakMotor – Satu lagi karya anak bangsa dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) berupa sepedamotor listrik. Bentuknya sama persis dengan skutik merupakan hasil pengembangan bersama dengan Garansindo. Makanya, motor tanpa suara yang nol emisi ini dinamai Gesits yang merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Pas, sekali. Tapi, apa lincah sesuai namanya.

Namanya juga motor listrik. Kecepatan maksimum 100 km/jam. Wah, tidak pelan juga itu. Tenaga bersumber dari baterai lithium Ion yang didatangkan dari Jepang berdaya 5kw. Sedangkan komponen lain hasil riset dari ITS. Baterai kondisi penuh, Gesits mampu menempuh jarak 80 sampai 100 km setara dengan satu liter motor bensin. Nah, untuk pengisian ulang baterai hanya membutuhkan waktu 1,5 sampai 3 jam.  

Ternyata, kerja sama ITS dan Garansindo dalam menggarap si Gesits mendapat dukungan dari PT Telkom. Dalam penandatangan MoU, Garansindo dipercaya memberikan solusi transportasi yang efisien, modern, dan tentu dengan desain yang menarik kepada Telkom Group. Dalam perjanjian itu,  Garansindo juga mendukung  program tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Gesits sendiri sudah diluncurkan sejak Mei lalu dan akan dipasarkan rencananya 2018. Dihaarapkan Gesit bisa menyaingi skutik Yamaha, Honda, dan Suzuki. “Kepercayaan besar dari PT Telkom Akses atas dukungan yang merupakan langkah ke depan buat Gesits serta pengembangan teknologi kendaraan bermotor listrik di Indonesia,” sebut Rahmat Septriwan, Operations Director PT Garansindo Technologies. MM 

BACA JUGA

Motor Listrik Juga Bisa Dimodifikasi Jadi Café Racer 

Zero 2016 Terus Coba Setrum Konsumen Dengan Motor Listriknya 

Drag Bike 2014 Senayan: Motor Listrik TDR ZX Zero, 7.6 Detik! 

Motor Listrik Yamaha, Sebentar Lagi, Bisa Dikorek Harian 

Motor Listrik TDR Sudah Dijual, Harga Rp 150 Juta

BAGIKAN