nhk

Gigi (Gir) Rasio Jupiter Z, Harian Juga Bisa

ManiakMotor – Susunan gigi rasio Yamaha Jupiter Z, Vega dan Crypton sama aplikasinya. Asal tahu saja, gigi rasio yang sering didengar tidak melulu hanya untuk balap. Demi memberbaiki tenaga dan irama rpm, mesin standar juga bisa dihitung ulang.

Contoh gigi satu standar Jupiter adalah 2:38 (0,3157). Itu reduksi yang diperuntukkan untuk nona-nona alias perempuan. Perbandingan itu lebih mudah ditarik mesin Jupiter dan Vega. Gas asal diputar, motor langsung bergerak.Bagi perpindahan alon-alon itu ndak masalah. Maksudnya gaya perempuan yang naik motor. Bapak-bapak boleh deh.  Nggak cerita banci, loh…

Tapi, bila jiwa anak muda yang bawa motor, dari gigi pertama sudah dipanteng dan pindah gigi dua, pasti terjadi entakan. Badan dan kepala sampeyan sampai terantuk-atuk seperti ayam mematuk. Iya kan…

Sebab, perbandingan gigi standar satu dan dua sangat jauh. Gigi pertama sangat ringan, gigi dua agak berat. “Rpm akan jatuh banyak ketika oper gigi. Selain kasar, naiknya rpm pada gigi 2 lambat ala standar,” jelas Nanang Gunawan, ahli gigi rasio yang telah ngetop di balap motor Indonesia, Thailand dan Malaysia.

Untuk menghilangkan itu, kedua gigi akan diperdekat. Maksudnya, reduksi dari gigi pertama akan diumpan ke gigi dua dengan pas. Caranya  harus mengganti gigi antara keduanya, mau gigi satu yang diperdekat atau gigi-2, tergatung maunya. “Boleh hanya satu mata gigi yang diganti, hasilnya lumayan. Toh untuk harian,” tambah Nanang.

Nah, coba lihat hasil hitungan atau rasio yang bisa diganti-ganti dalam tabel di bawah ini. Kurang puas telepon saja alamat di bawah itu.

AKSESORI LAIN:

Kombinasi Gigi Rasio Supra, Untuk Harian Bisa

Pelek Excel Asia Takasago, Khusus Dragbike

 

Alamat:
Jl Kebon Jeruk 9 No: 20D
Kota-Jakarta Barat
Telp : 021-68875598 / 92789771

  shenshuken@hotmail.com

 


Alamat:
Jl Batu Ampar 1 No: 100
Jakarta Timur 13520
Telp : 021-8006836 / 80887679

  mcc_motorsport@yahoo.com

BAGIKAN