nhk

GM Drag Bike BSD 2013, Kelas Sport Tune Up 140 cc, Nostalgia Kenalpot Kolong

 

 

ManiakMotor – Dari kelas ini awal mula drag bike di Indonesia ramai, terutama lewat  RX-King.  Lalu King mengajak sodaranya  RX-Z dan tinggal RX-S yang lupa dipanggil, RX-K juga deh. Belakangan Honda LS juga masuk di kelas Sport 2-Tak Tune Up 140 cc tersebut.  Kelas ini tetap memikat di GM Drag Bike BSD (GDBB) 2013 di lintasan BSD City, Tangerang Selatan, Banten, 6 – 7 April 20013.

Tipe motor ini memang paling semeriwing dengan kenalpot racing model kolong. Kenalpot yang  bikin penampilan aduhai, tapi juga menambah kecepatan yang luar biasa. “Walau motornya sudah tak diproduksi, kelas ini tetap ramai. Lumayan ada 25 starter di event ini,” jelas Tody Andries pimpinan lomba di GDBB.

Sabtu 6 April 2013 kelas ini telah melakukan penyisihannya dan waktunya 07.771 detik di jarak 201 meter. Itu dibukukan Tri Puryanto dari tim VR Kayatech David MO. “Saya bisa melakukan catatan itu, karena pakai knalpot kolong. Kenalpot ini pengaruhnya 30-40 persen, untuk mendukung korekan mesin 2-tak. Tetapi kenalpotnya harus punya kualitas,” jelas Pryanto sang joki.

Yadi, mekanik dari tim Dante Cisadane Gila Balap  dengan jokinya Asep Bajay juga ambil bagian dengan RX-King andalan mereka. Katanya, Sport 2-Tak tune-up adalah kelas murah meriah. Sayang, saat ini hanya event-event tertentu yang mewadahinya. “Kadang-kadang suruh naik sport tune-up sampai 1255 cc. Nggak imbang. Harusnya punya kelas tersendiri seperti di event ini,” kata Yadi sembari melirik kenalpot racing yang khas pada motornya.

Memang kenalpot kolong bisa bikin nostalgia karena sempat merajai jalanan Indonesia. Di dalamnya juga bikin makmur para pengrajin kenalpot zaman itu. Sekarang, beli kenalpot kolong yang menjadi cirinya lebih mudah. Tidak perlu mikir lagi. Yang perlu dipikir saoal dana belinya. Karena macam-macam merek knalpot telah menyediakannya. Misalnya produk AHM dari Malaysia, ini yang banyak bertebaran di GM Drag Bike BSD.  AHM itu bukan Astra Honda Motor.

“Ada juga produk CMS, DBS dan WRX. Tidak seperti dulu yang rumahan juga bikin, sekarang terseleksi sendiri,” jelas Toni dari tim Toni Speed Cilegon (TSC) yang bicara soal motornya Yamaha RX-Z sasis orange. “Motor-motor penghuni kelas ini masih diminati, karena di balapan liar masih banyak Mas,” tutup Asep Bajayi.

Tapi di liaran pakai kenalpot kolong juga kan. Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil GM Drag Bike, BSD, Tangerang, 6 – 7 April 2013

Hasil Drag Bike Tasik, Jabar, 6 – 7 April 2013

GM Drag Bike BSD 2013, Peserta 400 Lebih, Kenalpot Kolong Yang Ramai

Pertamina Drag Bike Tasikmalaya 2013, Keraguan Chodox Terbukti, KTM 250SX Hanya 7.015 Detik

Pertamina Drag Bike Tasikmalaya 2013, Aspal Halus, Chodox Ragu Bikin Rekor

 

BAGIKAN