nhk

GM Kejurnas Grasstrack Seri V Bogor; Penonton Membludak Sangat Mengganggu

 



ManiakMotor –  GM Kejurnas Grasstrack Seri V region II (Jawa) seri sebelumnya menuai kekecewaan, karena sirkuit jadi bubur, kali ini lebih manusiawi. “Setidaknya motor spek grasstrack mulai dari modifikasi sampai standar bisa lewat, meskipun banyak kurangnya,” Buka Edy Riyanto, owner The Monster RGD Racing Team yang hadir pada lomba yang berlangsung  Cigudeg, Bogor, Jabar 22-23 Juni 2013.

Sebanyak 283 starter yang ikut di lomba itu harus menangkis penonton yang merengsek ke tengah sirkuit. Keamanan tak kuasa menahan mereka, karena keamanannya sendiri ikut nonton brosist, hehe. Maksudnya, bukan hanya penonton yang ingin nonton, keamanan pun wajib ingin tahu garuk tanah dong. Kan mereka bukan keamanan profesional.  

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

Bagi Arif sebagai juri lomba, hal begitu wajar. Namanya juga penonton, mereka sudah bayar. Ah yang benar? “Sulit menahan antusiasme penonton yang haus hiburan. Di sekitar sini sudah lama nggak ada event grasstrack dan sejenisnya,” kata Arif seperti membenarkan lokasi kira-kira yang perjalanan dengan mobil 2 jam dari kota Bogor itu.

Coba kita dengar, eh, baca pendapat F Chimon, tracker jagoan Jawa yang sudah kerap ikut pertandingan. Apa betul itu wajar? “Nggak mas. Penonton sudah tak wajar, sangat mengganggu,” kata Chimon yang membela MPS Honda Banten (MHB). “Kalau saya mengkritik lay out sirkuitnya. Padahal arealnya lumayan lebar. Tapi yang seharusnya lebar, malah dibikin sempit,” timpal Fachmy, komandan MHB.

Menghadapi sirkuit model begini para penggaruk tanah meminta tim mekanik mengubah settingan. Maunya mesin galak. Tujuannya di R1 bisa duluan asal tidak menumpuk di jalur sempit. Lha, kalau semuanya minta settingan seperti itu, sama juga hasilnya? “Di R1 nggak masalah, cuma beberapa jalur di sisinya ada jurang. Lihat saja jika tidak percaya,” kata tracker dari tim milik Edy Riyanto ini.

Untung saja reporter portal ini tidak masuk jurang saat membuktikan laporan Johan. Ghal



BACA JUGA

Hasil Lomba Kejurnas Grasstrack Bogor, Jabar, 23 Juni 2013

IRC GM Grasstrack Temanggung 2013, Status Kejurnasnya Dibatalkan, Sirkuit Jadi Bubur

Kejurnas GM Grasstrack 2013 Cilacap, Garuk Pasir, Cocok Untuk Pemula

Kejurnas Grasstrack 2013 Tulungagung, Milik Kaki-Kaki Special Engine!

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Trik Menikung Dalam Dan Berm

 

BAGIKAN