nhk

GP Spanyol 2018: Pedrosa Out Dari Honda, Bocorkan Trik Setingan Catalunya

ManiakMotor – Jarang loh seorang pembalap membocorkan settingan awal. Nih Dani Pedrosa sudah bicara soal membangun set-up motor sejak masuk di sirkuit Catalunya, Spanyol. Lomba di negaranya sudah dimulai Jumat 15 Juni 2018 sebagai sesi latihan bebas. Waduh bersamaan dengan bola Dunia dong. Wah urusan portal ini hanya balap motor, hehe.

Bagi Pedrosa, karakteristik Catalunya sangat indah. Indah dalam pengertian betot gas. Tipikalnya turun naik dengan tikungan-tingkungan dari putaran sedang dan tinggi. Tentu tekniknya rolling speed, “Grip ban yang baik punya peran di situ. Grip dari ban baru sampai ban yang sudah terpakai (bekas). Ini butuh penyetelan,” sebut Pedrosa. Ya iyalah harus disetel.

Untuk mendapatkan ban ‘ngelem’ dengan aspal terukur, katanya, ya kata si ‘Little Samurai’ itu, harus aktif menyetel sasis. Sasis MotoGP berbeda dengan sasis motor produksi masal yang dibalapkan, sudah paten sejak dari pabriknya. Motor MotoGP, setiap potongannya ada setelannya yang disebut multiadjustable geometry.

Ubah-ubah sudut kom stir saja akan memengaruhi sumbu roda yang tentu ada kaitan dengan grip. Belum lagi lengan ayun. “Bersamaan dengan itu, tunning suspensi. Dari keduanya  harus dipastikan grip ban bekerja dengan baik,” papar Pedrosa yang nggak sebut setelan suspensi soal kompresinya, rebound dan pre-load, hehe.

Persoalannya, apa ada yang dengar Pedrosa? Mengingat jarang dia juara di Catalunya. Atau semua pembalap dan tim sudah tahu, sebab memang itu yang disetel untuk setiap balapan. Sudah pekerjaan rutin bro. Kenapa ditulis, iseng aja. Sebelumnya Minal Aidin Wal Faizin. Miolo

BACA JUGA

Jelang MotoGP Catalunya 2018, Rossi Lebih Yakin Dari Mugello, Ada Sesuatu Temuan..!

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Pedrosa Pembalap Tanpa Juara Awet Di Tim Elit Honda

Jelang MotoGP Catalunya 2018: Rossi Tetap Mainkan Mekanis M1, Umurnya Sanggup..!

 

 

 

BAGIKAN