nhk

Grand Final Grasstrack Indonesia 2014 Temanggung, Jateng; Rizky HK Juara Nasional Senior!

 

 

ManiakMotor Ketiga andalan motornya di tiga kelas kejurnas senior ggrasstrack 2014 dikorek Imam Syafi’i. Iman menanam pengapian cangggih Vortex pada tiga motor tersebut. Power melonjak  tak melulu skill untuk menanganinya dari tracker, tapi juga fisik yang prima. Langkah itu yang dilakukan Rizky HK yang dinobatkan juara nasional grasstrack 2014 di kategori senior.

Rizky yang asli Wonosobo itu latihan fisik yang rutin di Ardian’s Motocross School (Jogja) dan hasilnya ia sangat luwes di GM Grand Final Kejurnas Grasstrack 2014, Minggu, 2 November di Temanggung, Jawa Tengah. Rider berumur 20 tahun itu menekuk seniornya macam  Akbar Taufan (Salatiga) dan F. Chimon (Bandung).Tahun ini adalah  tahun pertama Rizky naik senior dan langsung bebicara.

Kebetulan sirkuit yang digunakan juga mendukung. “Kami ingin menyuguhkan grasstrack yang sesuai namanya Grand Final. Temanggung sendiri kota yang identik dengan grasstrack. Pembalap-pembalap terbaik di masing-masing region hadir di sini. Total ada 250 starter,”kata Muflikhun dari KMF Organizer (Magelang) yang juga ayah kandung Hendra Kecil, drag biker kondang asal Magelang itu. 

 Chandra A yang akrab disapa Kadhex, peserta dari Bali sembari cerita memuji. Katanya, pantas grasstrack di Jawa maju melihat layout sirkuitnya yang paketnya komplit untuk  skill, fisik dan motor di grand final ini. “Hasilnya seperti permainan Rizky dan Akbar.  Keduanya patut  dicontoh oleh kami dari region lain,” jelas Khadex.

Ada tiga kelas pengumpulan poin kejunas. Yakni Bebek Modifikasi 2T Senior (moto 1 dan 2), Bebek Modifikasi 4T Senior (moto1 dan 2)  dan Sport Trail senior (moto 1). Selisih poin Rizky dan Akbar  hanya terpaut 6. Rizky yang bernaung di tim Rehobat HK 88  One T pada moto 1 sport trailfinish terdepan. “Pilihannya finish pertama, kalo ingin juara nasional,”kata Rizky yang pakai Kawasaki Ninja korekan Imam Syafi’i asal Semarang, Jateng itu.  

Rizky memang punya skill belok yang prima. Lewat tikungan dalam kecepatan motornya tak banyak menurun. Usai ngerem gerakan badannya diiringi selonjoran kaki, paha menekan motor, kepala dan mata langsung kea rah tikungan berikutnya. Hasilnya ia lebih cepat membuka gas. Sama baiknya dengan teknik menikung lewat luar atau berm. Ia nggak banyak menurunkan persneling sampai ke gigi yang rendah. Putaran mesinnya dipaksa tetap tinggi sehingga laju di tikungan.  

Taktik diperlihatkan Rizky di hadapan 5.000an penonton di sirkuit Gopaan, Pingit, Pringsurat, Temanggung.  Di Bebek 4T Modifikasi Jupiter Z yang disuntik Vortex, Rizky lebih luwes memainkan motornya. Sebab baru 3 lap bertempur dengan Akbar, si Akbar malah jatuh dan ditandu ke luar sirkuit. “Power motor grasstrack saat inibesar-besar di semua kelas. Pembalap harus melatih fisik teratur seperti Rizky,” kata Imam dan  dan Bangkit Kristianto yang akrab disapa Tole dari Jogja, dua kliker kondang di garuk tanah saat ini.

Kondang lantaran 80% yang bermain di event ini hasil kreasi mereka. Wow! Ardel      

BACA JUGA

Hasl Grand Final Grasstrack Temanggung, Jateng 2 November 2014

BAGIKAN