nhk

Grand Final YCR 2018 Semarang: Fadhil Pole Position YCR1, Suka Rolling Speed Mijen

Sirkuit Mijen, mantap

ManiakMotor – Sirkuit Mijen di Semarang, Jateng digunakan untuk Grand Final Yamaha Cup Race 2018. Sabtu 1 Desember 2018, sudah dilaksanakan QTT untuk YCR1. Kelas ini kalau di MotoPrix disebut MP1 atau Bebek 4T TU 150 Seeded. Sebut seeded, mereka yang sudah senior, pasti, jangan ragukan itu.

Rusman Fadhil

Di kelas tersebut yang tercepat adalah Rusman Fadhil (Yamaha Armada Pagora BKMS NHK IRC SSS). Tentu saja dengan helm NHK, ban IRC dan gir SSS, Fadhil kelihatannya langsung menyatu dengan sirkuit. Dia menikmati racing line Mijen.

“Kalau sirkuit permanen begini saya suka. Masukan ke mekanik untuk set-up mesin terutama dari mappig, tepat dan cepat dapat. Apalagi sirkuitnya banyak rolling speed, mantap. Ada sih yang butuh putaran, bawah tapi hanya pada salah satu tikungan kapsul,” papar Fadhil yang mewakili region Jawa.

Fadhil mencetak 48.102 detik di sirkuit sepanjang 1.4 km dengan 9 tikungan itu. Catatan itulah yang membuatnya tercepat. Fadhil terlihat ketika melaksanakan QTT awal-awalnya hanya posisi tengah. Ternyata dia menunggu tempratur mesin MX-King-nya naik.

Kalau mesin nggak mencapai panas ideal, bahan bakar nggak akan meledak sempurna bro. Tenaga juga tidak akan mencapai maksimalnya, “Makanya saya tunggu dulu mesin mencapai tempratur. Target saat balap harusnya juara. Lha wong saya suka dengan karakter sirkuit permanennya,” tambah Fadhil.

Rusman (278)

Yang kedua di QTT YCR1 ini adalah Hendra Rusadi (Yamaha Bahtera NHK). Doski hanya terpaut 0.161 detik dari Fadhil. Hendra mengaku belum paham betul racing line Mijen. Masih banyak kesalahan yang ia lakukan ketika kualifikasi.

Belum lagi, dia bilang kelemahannya adalah rolling speed yang banyak dijumpai di Mijen, “Saya lebih suka trek dadakan. Makanya saya cepat di satu tikungan balik di Mijen ini. Trus kalau lomba saya akan ganti ban FAST2 yang ada kembangnya. Pakai slick masih banyak spin,” kata Hendra pada karakter aspal Mijen.

Lain lagi cerita Agus Setiawan (Yamaha BTKS NHK FDR UMA). Katanya, memang di Mijen ini banyak rolling speed, namun tanggung. “Jadi saya hanya luncurin saja motornya. Ada beberapa tikungan saya belum dapat jalurnya. Terutama membuka gasnya,” kata Agus yang punya KIS Aceh.

Gitu dulu deh. Raider

BACA JUGA

Hasil Final ARRC Thailand, 30 November – 2 Desember 2018

Grand Final YCR Semarang 2018: Semua Region Pakai Mesin Racikan Mekanik Papan Atas

Final Yamaha Cup Race 2018, Semarang: Siap Hadir 72 Finalis Region (YCR1-YCR6), Coaching Clinic Aerox 155 Cup Community Dari Hammar

Jelang Grand Final Yamaha Cup Race 2018: Pesertanya Yang Hanya Punya Point Region

BAGIKAN