nhk

Grasstrack 2013 Dilirik Sponsor..?

 

ManiakMotor – Jangankan ngomong 10 tahun lalu, 3 tahun kemarin, garuk tanah itu sepi sponsor. Tapi lihat di kejurnas grasstrack seri pertama region Jawa, mantap coy! Umbul-umbul, spanduk, dan segala atribut sponsor melmbai-lambai kena angin di mana-mana.  Nama eventnya saja MPS FIF GM Grasstrack Championship yang berlangsung di sirkuit MPS Pandeglang, Banten, 3 Maret lalu.

Bukan hanya sirkuit yang meriah dengan logo-logo produk, juga tenda-tenda yang bertulis sponsor pendukung tim. Apalagi kostum atau seragam masing-masing tim masih pada kinclong, maklum seri pertama di awal tahun. Bajunya belum kena debu dan lumpur. Juga mekanik, belum terkontaminasi oli dan gemuk. Nah, tiga seri kemudian ganti lagi kostumnya. Ini garuk tanah, bung, hujan jadi lumpur, kering pun debu di mana-mana. Pakaian cepat kumel, hehehe.

“Sekarang tinggal pintar-pintar tim dan promotor untuk melobi sponsor. Karena konsumen mereka ada juga di grasstrack, penonton itu. Di situ kepentingan sponsor. Dulu, boro-boro ada yang mau menempel di tim dan event,” jelas Kang Delly alias Delly Efendy, promotor yang pernah ngetop di Jabar dengan bendera Pasundar Racer yang hadir di Pandeglang. Malah bapak yang satu itu sudah tiga zaman kenal garuk tanah. Maklum, dia mantan crosser angkatan di atas Popo Hartopo.

M. Fachmy, pemimpin pasukan tim MPS Honda Banten mengabarkan bahwa timnya tahun ini dapat tambahan sponsor. “Tahun lalu saya berhubungan dengan distributor Alpinestar di Indonesia, kemudian proposal dikirim langsung ke pusatnya. Dan alhamdulillah kontrak 1 tahun didapat,” ujar Fachmy yang sebelumnya tim MPS sudah memiliki sponsor pendukung seperti Honda, helm, oli, IRC, SSS bahkan kenalpot Yoshimura.

MPS hanya bermula dari administrasi tim yang rapi, manajemen profesional dan tentu saja didukung prestasi para trackernya. MPS dalam penataan hanya bersaing dengan tim yang dibela Akbar Taufan. Kedua tim ini sebagai contoh menerobos grasstrack modern. “Grasstrack itu pasar. Penonton dan pelakukanya mereka yang tahu motor juga,” sebut Yanto Gondrong, koordinator event PT Gajah Tunggal yang telah empat tahun gencar berpromo ban IRC di garuk tanah yang dimulai dari motocross, saat ini sudah di grasstrack.

Salah satu sponsor yang sedang hot-hotnya di grasstrack adalah PT. DMI selaku produsen helm NHK, GM, dan VOG. “Di grasstrack yang ditonjolkan GM. Karena hanya GM yang ada versi grasstrack dan motocrossnya. Persentase anggaran dana promonya memang masih jauh dibanding NHK di road race. Karena ini tahun pertama,” jelas Johanes Cokrodiharjo selaku Direktur Marketing PT DMI yang hadir di sirkuit MX & GTX MPS Motorsport. Tim Kekar GM CLD IRC Tanggerang juga disupport. GM sebenarnya telah masuk garuk tanah lewat motocross dua tahun lewat.

Tetapi ada tim yang mengaku telan ludah pahit alias masih senyum kecut, di anatara teman-teman lain yang sumringah dapat sponsor. Mereka telah melakukan berbagai jurus, tetap saja nihil. “Mungkin pembalap kami belum terkenal, walau prestasi lumayan bagus,” tukas Edi Riyanto pemilik tim E’ Surya Cipta Robocop MX yang tahun ini mengandalkan Lotar Cadalora sebagai pembalapnya. Penyisihan Bebek Modifikasi Junior, Lotar posisi pertama, toh belum bisa dijual.

Di jenis olahraga bermotor apa pun,  tak hanya prestasi yang dilihat, tapi juga profesionalisme tim.  Tentu juga faktor yang lain. “Sponsor tidak akan mau mendukung tim yang asal-asalan. Agar manajemen tim rapi memang harus ada dana ekstra. Misalnya dilengkapi seksi dokumentasi yang fungsinya untuk laporan pada sponsor yang mendukung. Ada buktinya, gitu,” panjang cerita Fachmy.

Iya deh. Adit, Ghalib

BERITA TERKAIT:

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Trik Menikung Dalam Dan Berm

Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Aturan Kelas Bebek Seperti MotoPrix

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Sirkuit On Throttle

Jelang Kejurnas MPS GM Grasstrack Banten, Wisata Garuk Tanah!

BAGIKAN