nhk

Grasstrack 2014 Sukabumi Jabar; Sirkuitnya Taraf Nasional


 

ManiakMotor – Grasstrack Seri 5 Region II atau Jawa sudah berhasil dilaksanakan pada 31 Mei dan 1 Juni 2014 kemarin. Event bertajuk Kejurnas B2Speed Bronx GM IMI  Korwil Kab. Sukabumi ini menggunakan sirkuit dari lahan Perumahan Permata Indah, Kampung Cikemar, Sampora, Sukabumi, Jawa Barat.

Di sana pemain papan atas grasstrack Jawa berkumpul untuk melengkapi 279 starter. Lumayan banyak dibanding seri sebelumnya di Pandeglang. Tentu juga dihadiri ribuan penonton yang berdiri di sisi luar sirkuit. “Penempatan penonton ini sudah satu kesatuan dengan desain sirkuit. Penonton nyaman, panitia aman dan peserta puas,” ucap H. Deni selaku penyelenggara yang mematok tiket penonton Rp 20.000.

Maksud dia karena levelnya kejurnas regional, penataan sirkuit juga taraf nasional untuk ukuran grtasstrack. Sirkuit harus bisa dilewati dari sisi dalam dan luar yang seimbang. Lewat berm yang mirip tong setan itu,  reduksi dan rpm motor tidak turun jau, tapi akan seimbang dengan yang lewat dalam saat keluar tikungan. Karena lebarnya lumayan pada sirkuit yang panjangnya 1.200 meter itu.

Asep Huis sebagai desainer sirkuit mengaku sudah tahu apa amuanya tracker dari senior sampai pemula. Maklumlah Kang Asep ini mantan penggaruk tanah era 80-an. “Sudut jumpingan, jarak antar rintangan sampai jumlahlah sudah disesuaikan. Ya saya kan tahu, motor yang diadu adalah motor harian yang dimodifikasi,” jelas Kang Asep.

Pokoknya komplet untuk skill tracker dan hiburan buat penonton. Misalnya ada superbowl, lumba-lumba, table top, single jamp dan doble jamp. Semua rintangan itu harus dilewati dengan keterampilan yang ujung-ujung adalah gerakan yang indah buat yang melihatnya.

Akbar Taufan dari  AHRS 86 Tech IRC SBT TRYINK adalah tracker senior. Doski memuji konstruksi berm. Katanya lewat luar ia yakin dengan kecepatan tinggi. “Bentuk berm C, pas untuk grasstrack yang landai dan tingginya cukup 1 meter,” kata Akbar yang bertarung keras di Bebek Modifikasi 4T Senior dengan   Sandi Agung.  

Masuk berm tak banyak menurunkan gigi persneling, sehingga saat keluarnya kecepatan sudah tinggi,” timpal Rizky HK pembalap asuhan Rehobat HK Jaton. Sebab sirkuit ini lumayan memiliki trek lurus yang panjang. Lha panjang sirkuit saja sudah 1.200 meter sudah melebihi tipe sirkuit motocross yang digunakan di Indonesia. Padahal ini hanya kejurnas grasstack.

Mantap..! Ghalib

BACA JUGA

Hasil Kejurnas Grasstrack Sukabumi, Jabar, 1 Juni 2014

Grasstrack 2014 Region Jawa, Jelang Sukabumi, Rintangan Sirkuit Merata

Grasstrack 2014 Padeglang; Chimon Jawara Kejurnas Bebek Modifikasi 2-Tak 155

 

BAGIKAN