nhk

Grasstrack 2014; Tak Perlu Tuh 2-Tak Dihapus

 

ManiakMotor – Sebenarnya balapan tuan rumah di negeri sendiri seperti grasstrack, punya  kebijakan sendiri. Jenis balapan ini kayaknya sih adanya hanya di Indonesia. Memang ada di Amerika atau Eropa yang setara dengan dirt track, tapi toh motornya berbeda. Grasstrack punya otoritas sendiri soal aturannya.

Lagian, produsen di Indonesia cuek beibeh dengan mainan motor yang satu ini. Tinggal suka-suka komunitasnya mengatur kelas mana yang perlu dan mana yang tidak. Sekarang isunya mesin 2-tak di grasstrack akan dihapus, lha apa untung ruginya? Kalau portal ini sih bilang, malah merugikan peserta yang harus pakai mesin 4-tak harian yang mahal perawatannya bila dimodifikasi jadi balap.

“Saya pribadi, sebenarnya tak perlu menghapus kelas ini. Justru mesin 2-tak lebih mudah dirawat dan hasilnya murah. Tenaga dua tak untuk skill juga lebih bagus,” jelas F Chimon, tracker senior dari Jabar yang membela MPS Honda Banten IRC. Ia ditemui di salah satu event grasstrack di BSD, Banten baru lalu.

Bedalah bila produsen yang getol mengeluarkan 4-tak saat ini punya konstribusi banyak ke grasstrack. Pabrikan itu dari dulu hanya janji-janji akan ikut mensupport grasstrack seperti perlakuan mereka pada road race. Tapi sampai sekarang, belum kelihatan tuh.

Makanya untuk apa dibela-bela dihapus 2-tak hanya demi 4-tak sesuai arah pabrikan? “Saya nggak tahu juga. Cuma arahnya sudah ke sana, ingin seperti road race yang semuanya 4-tak. Tapi tidak seharusnya begitu kan. Coba lihat drag bike, masih rame tuh mesin 2-tak. Sensasi mebawa 2-tak memang asyik,” dukung Cep Sena, tracker senior dari Sukabumi, Jabar.

 Ya kembali pada para pembuat regulasi, apa penting 2-tak dihapus dari grasstrack? Kan justru lebih penting jika dibiarkan? “Pasti 2015, mesin 2tak dihapus. Prosesnya tidak langsung dihilangkan begitu saja, diubah menjadi supporting, ada tahap-tahapnya,” pungkas H. Ade Junaidi, Kabid Olahraga Motor, IMI Banten yang bilang alasannya soal program Go Green.

Waw… apaan tuh, jauh dari Indonesia. Ghalib

BACA JUGA

Grasstrack 2014 Tangerang; Kelas Pemula Yang Heboh

 

 

 

BAGIKAN