nhk

Grasstrack Pekalongan, Pakai Aturan ‘Baru’

 


ManiakMotor Ada aturan ‘baru’ yang mulai diterapkan di balap garuk tanah Jawa Tengah, khususnya  FFA (free for all). Kelas ini memang bukan kategori kejurnas, tapi dengan spek motor yang imbang, niscaya jadi primadona. Primadona buat peserta dan penonton. Sebab yang namanya Madona saja jadi primadona. Wah, salah…

Tampak pada Talun Grasstrack Competition 2013 (TGC) di sirkuit Lembah Ngasinan, Pekalongan, Jawa Tengah 5-6 Januari 2013 kemarin. “Didaerah lain mungkin tidak boleh, tapi di Jateng masih bisa pakai  special engine (SE) dan enduro yang dicaampur di FFA.  Sebab 2013, SE dan enduro dilarang tampil di FFA. Alternatifnya, dibuatkan kelas khusus SE dan enduro open,” bilang Sutedjo, dari Biro Olahraga Pengprov IMI  Jateng yang juga dedengkot  grasstrack Jateng.

Harusnya memang dipisah dan wajib. SE kan buat profesional motocross, mana bisa diikutkan di grasstrack yang rata-rata pakai motor harian yang dipermak jadi garuk tanah. “Sebab,  80% memang dipengaruhi motor. Jika SE dan basis enduro digabung dengan motor dijual umum di Indonesia,  belum apa-apa sudah kalah, kata  Akbar Taufan (Cargloss AHRS 86 Tech Swallow Try Ink) yang podium pertama di kelas ini dengan Kawasaki Ninja. Lho pakai Ninja kok bisa mengalahkan SE dan enduro? Ooo itu trackernya yang special engine, kalee. 

Akbar mengaku ikut event ini dalam rangka riset pengapian Yamaha YZ 125 yang dipasang pada Jupiter Z, Ninja dan F1-ZR. Tiga motor ini disiapkan untuk tampil di grand final grasstrack, 26 Januari 2003 di Garut, Jawa Barat. Event di Garut ini sebenarnya untuk titel nasional 2012, tapi baru terlaksana 2013. Maklum, panitia nasional grasstracknya sedang sibuk ikut kejuaraan dunia garasstrack, hihihi. Ada ya…? 

Atas dasar itu pula, mulai tahun ini dibuka FFA Pemula. Maksudnya, pemula disuruh cepat menyesuaikan dengan motor bertenaga binal. Sebab, fakta di lapangan, balap garuk tanah saat ini makin atraktif. “Mekanik ini juga dituntut lebih presisi dalam setting, apalagi dengan kemampuan joki yang merata.  Bisa dilihat dari Akbar, dia mampu kuasai banyak podium karena setting motor yang pas,” tutup Imam Syafi’I, sebagai salah satu mekanik senior di grasstrack. Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil Grasstrack Pekalongan, Jateng, 6 Januari 2012

Para Juara Grasstrack Region Jawa

Grasstrack Temanggung, Bubur Menjadi Lumpur..!


BAGIKAN