nhk

Grip Gas Drag Bike, Katanya..!

ManiakMotor – Posisi setang drag bike yang mengadap ke bawah, maka mereka punya pilihan grip sendiri. Maklum, bila ukuran grip tidak pas dan permukaan licin, bisa-bisa jokinya hanya pegang angin.  “Grip harus ketat pada selongsong gas dan pipa setangnya,” kata Asep Bhajay pe-drag asal Jakarta.

 

Asal dipasang dengan benar, grip setang akan menempel bagus. Jangan gunakan oli untuk pelicin memasangnya. Memang, biasanya grip punya mutu yang bagus agak sulit dipasang pada selongsong gas dan setang. “Makanya pakai sabun colek, licin masuknya dan saat mengiring sabunnya berubah  jadi lem,” timpal Muhammad Farid atau lebih dikenal dengan panggilan Popo, mekanik dari tim Wahana Baru, Bandung.

Di dunia grip tidak ada yang khusus untuk drag. Sebab, pembagiannya hanya ada dua, untuk tanah atau motocross dan road race yang bisa dipakai untuk drag. Ukurannya sama saja, untuk bagian kanan atau grip gas diameternya 24 mm dan kiri 22 mm, itu sudah global ukurannya.

Yang membedakan hanya kontur, “Untuk tanah lebih kasar konturnya karena butuh genggaman yang lebih kuat. Sedang aspal lebih halus. Dua-duanya bisa dipakai siapa saja,” jelas Deni, juragan dari Kodok Racing di bilangan Beji, Depok yang menjual kedua jenis grip tersebut.

Maksudnya tergantung selera dan kebiasaan, juga harga. Asal tahu saja, untuk kelas motocross aslinya bisa mencapai Rp 150.000 sepasang. Kan kalau untuk harian dimulai dari Rp 30.000. “Kalau saya suka yang polos, karena jari-jari enak meremasnya,” ungkap Dwi Batank pembalap asal Jawa Tengah.

Kalau sampeyan? adit

AKSESORI LAIN:

Aksesori Pengganjal Grip Gas Lebih Ringan, Harga Cuma Rp 15.000

Fork Guard Gordon, Kekuatannya Elastis

Piston Hi Speed Yamaha Mio

Jarum Rojok Spuyer Yang Presisi

Kombinasi Gigi Rasio Supra, Untuk Harian Bisa


 

BAGIKAN