Hal Ini Buat Mesin LEXi 155 Lebih Alus dari Aerox Walau Torsinya Lebih Ngejambak!

Maniakmotor.com – Yamaha Lexi LX 155 terbaru telah menggebrak pasar dengan penyempurnaan mesin yang memukau. Dari peningkatan kapasitas ruang bakar dari 125 cc menjadi 155,1 cc, Lexi kini setara dengan saudara-saudaranya, Yamaha NMAX dan Aerox.

Mesin 1 silinder SOHC 4 klep dengan Variable Valve Actuation (VVA) dan water coolant menjadi andalan Lexi LX 155. Namun, yang membuatnya benar-benar istimewa adalah upaya penyempurnaan yang dilakukan Yamaha dalam mengurangi kerugian mekanis.

Ferry Nurul Fajar dari tim Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelaskan bahwa mereka telah berhasil mengurangi gesekan mekanis dengan langkah-langkah inovatif. Hidrolik tensioner rantai keteng baru meminimalkan vibrasi dan menghasilkan suara yang lebih halus. Perubahan pada rotor assy dan crank shaft juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kinerja mesin.

Hasilnya, mesin yang lebih halus dan minim getaran tersebut mampu menghasilkan tenaga yang sama dengan Yamaha Aerox, yaitu 15,2 hp, namun dengan torsi yang lebih besar, mencapai 14,2 Nm. Yang lebih menarik, berat Lexi LX 155 menjadi salah satu yang teringan di antara Maxi series Yamaha, hanya sekitar 116-118 kg, dibandingkan dengan Aerox yang mencapai 125 kg.

Perbandingan power to weight ratio yang lebih baik membuat akselerasi Yamaha Lexi LX 155 menjadi lebih agresif. Namun, meskipun memiliki performa yang menggoda, Yamaha tetap memastikan kenyamanan pengendara dengan melakukan perubahan pada area gear box untuk menjaga kestabilan pada putaran bawah.

Dengan kombinasi antara performa yang memikat dan kenyamanan yang dijaga dengan baik, Yamaha Lexi LX 155 siap menjadi pilihan utama bagi para pengendara yang menginginkan motor yang tangguh namun tetap nyaman untuk digunakan setiap hari.