nhk

Haluskan ‘Kulit Jeruk’ Porting Motor, Tak Perlu Pisau Korek

tips kulit jeruk haluskan pakai amplas nomor 220 dan 400 s

 ManiakMotor – Mesin yang telah dipasangi kenalpot racing harian, spuyer karbu telah dinaikkan dan pakai CDI racing harian, tinggal lanjutkan dengan porting polish. Istilah ini hanya  menghaluskan porting atau jalur masuk-keluar bensin tanpa perlu pisau korek. Tujuannya agar flow atau aliran uap bensin dan gas buang akan terpeleset di situ, licin kan.

Porting polish disebut juga menghaluskan kulit jeruk. Itu bukan kulit jeruk benaran, juga bukan jeruk nyam jeruk, pokoknya tak yumi dimakan oleh sampeyan. Tapi yaaaami buat saluran isap-buang bahan bakar pada head mesin 4-tak. Itu istilah untuk lapisan kasar pada dinding porting yang memang seperti pori-pori kulit jeruk. “Tebalnya lapisan kulit ini sekitar 0,5 mm. Untuk harian bisa mencukur dinding porting sebanyak itu,” kata Dede alias Chemonk, mekanik dari Ciomas Motor Sport (CMS) Purwakarta.

Chemonk yang bengkelnya jauh dari tukang bubut tak kehabisan akal soal kulit jeruk ini. Ia cuma main poles pakai ampelas saja. Ukuran ampelas 220 (agak kasar) dan 400 (halus) mutlak diperlukan. Sisanya, siap-siap jari-jemari yang mengerjakan jadi kapalan. Toh, sebut kapalan itu artinya sudah lumutan. Sama dengan reporter, bila jarinya belum kapalan mengetik, jangan percaya doski bisa menulis. Semuanya harus proses lewat kapalan dan lumutan alias jam terbang. Ya mirip Chemonk itu, tanganya bukan kapalan lagi tapi sudah kebal.

Dinding lubang masuk  ini  bertahap digosok ampelas secara merata sampai halus. “Pakai ampelas 220 dulu. Leboh cepat prosesnya, ampelas dibasahi bensin, sampai lapisan kasarnya hilang seluruhnya. Setelah itu baru gosok dengan ampelas 400, lakukan sampai dinding porting halus saat diraba,” ujar Chemonk yang terbiasa mem-polish belasan silinder head di bengkelnya yang asri sebelah sungai ini.

Sebelumnya semua komponen dalam silinder head harus dilepaskan sehingga tersisa silinder headnya. Penghalusan dilakukan disepanjang jalur lubang inlet dan outlet sampai mulut payung klep. Untuk lubang buang sampai lingkar bulat menuju kenalpot. Bagian dalam intake manifold alias leher angsa pun harus dihaluskan kulit jeruknya ya brosis.

Chemonk mewanti jangan sampai saat menghaluskan bentuk dari lubang porting berubah, karena akan membuat settingan ngaco. “Dengan hanya melakukan porting polish pada mesin standar kenaikan tenaga meningkat 5 persen. Ditambah kenalpot dan CDI jadi 25 sampai 30 persen,” panjang Chemonk menjelaskan.

Jika porting sudah hilang kulit jeruknya jangan lupa mencuci silinder head dengan bensin sampai serbuk alumunium lapisan kulit jeruk hilang. Ini dilakukan berulang-ulang sampai bersih. Jangan sampai gara-gara serbuk sampeyan akan dipaksa untuk bongkar mesin kembali alias turun mesin karena dinding silinder tergores serbuk. MM

BAGIKAN