nhk

Hanya Satu Pesan Pada Fans Rio Haryanto, Pemuda Indonesia Tembus Ke F1

ManiakMotor – Portal ini nggak ada hubungan dengan F1. Tapi siapa tahu dan pasti banyak penggemar balap motor juga senang dengan F1. Pemuda Indonesia yang bernama Rio Haryanto menembus sejarah  pertama membalap di F1. Dia pembalap kedua Asean setelah Aelx Young dari Malaysia.

Pesannya hanya satu, jangan berharap banyak pada anak mantan pereli nasional Sinyo Haryanto dan adiknya Roy Haryanto itu. Roy ini sebenarnya juga hampir tembus ke F1 sekitar 17 tahun lalu. Tapi bukan itu pesannya. Pesan portal ini pada fans Rio dan media. Jangan menuntut ingin nonton Rio, misalnya melawan pembalap Mercedes macam Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Lalu Ferrari ada Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Juga Williams ada Valtteri Bottas dan Felipe Massa dan sebagainya di papan tengah sampai atas di F1.

Manor Racing Team yang akan dibela Rio adalah tim papan bawah, tim gurem. Tim yang langganan diover lap tim-tim yang disebut di atas, lantaran kurang gizi alias dana. Manor hampir bangkrut tahun lalu dan tahun ini ditalangi pengusaha dari Irlandia yang berdiam di Inggris, Stephen Fitzpatrick. Dia tebus tim tersebut dari pengadilan niaga Inggris, negara markas Manor. Tahun ini juga mereka menggunakan mesin Mercedes yang juara konstruktor dan pilotnya tahun lalu. Dana digolontorkan Stephen itu pun belum cukup mengangkat Manor dari papan bawah. Karena kalau dirupiahkan hanya setengah triliun rupiah. Padahal untuk tim papan atas ludes setahun hampir 2 triliun rupiah.

Jadi, Rio bukan sebagai pembalap  bacmarker atau yang menghalangi akibat overlap setiap tampil saja sudah luar biasa. Sangat luar biasa, kalau dia bisa rutin posisi 15 atau di atas sikit, berdoa saja dia akan dilirik tim besar bila benar posisinya begitu. Maka nggak repot lagi cari-cari dana seperti sekarang.

Pesan berikutnya pemerintah coba lebih perhatikan olahraga otomotif di Indonesia. Apalagi balap motor yang saban minggu ada balapannya. Nggak muluk-muluk kok, cukup infrastrukturnya yang diperhatikan dengan adanya sirkuit memadai. Jangan deh setelah jadi seolah-olah punya andil. Ingat ya, Rio sepanjang karirnya ada di luar negeri. Sehingga yang muncul banyak Rio selanjutnya yang mengharumkan nama Indonesia dari balap mobil dan motor. Amin… Miolo  

BACA JUGA

Proses Sirkuit Wales Gelar MotoGP 2017, Nggak Banyak Omong Dan Wacana

MotoGP 2016 Pasca Tes Australia: Rossi Memilih M1 Gado-Gado Dipakai Lomba Musim Ini

MotoGP 2016 Tes Australia Hari Ke-3: Marquez Bersama Motornya Mulai Membaik, Tapi Belum Puas

All New Satria F150 Fi Tes Ride: Mesin, Rangka Dan Bodi Mudah Tembus 145 Km/Jam

MotoGP 2016 Tes Australia: Hari Ke-3 Ditutup Marquez Tercepat, Rossi Ke-5 

BAGIKAN