nhk

Haposan, Ahli Honing Indonesia

ManiakMotorHoning bukan honey apalagi morning. Yang jelas ada hubungan dengan money. Honing adalah mengasah. Di dunia bubut membubut, honing adalah proses akhir saat bore-up alias oversize silinder. Pengerjaan dilakukan oleh mesin (honing machine). Tetapi, operator  atau pemegang mesinnya harus paham.  Di sinilah kualitas oversize ditentukan.

Adalah Haposan Munte yang sehari-hari pegang mesin honing.  Haposan, punya jurus-jurus pamungkas. “Harus paham betul soal pori-pori liner silinder saat mengasahnya. Terutama pada gelombang lembut yang berfungsi sebagai pengikat oli,” kata pemilik bengkel Renaldi Saputra Teknik (RST) di Jl. Maleer Utara No. 26, Bandung, Jawa Barat ini.

Menjalankan mesin honing gampang-gampang susah. Mesinnya canggih dan mahal, itu enteng. Jika ala kadarnya, susahnya minta ampun. “Jangan berharap mendapatkan hasil sesuai keinginan. Terutama, buat konsumen balap drag race atau road race,” ujar Haposan. Pantas hari ini oversize, besok macet pistonnya. Ini to kuncinya.

Haposan yang dari namanya orang Tapanuli Utara alias Lae ini, kerap menggarap mesin racing dari tim-tim papan atas Indonesia. Sebut Haposan, pasti ada Munte, itu dia. Jika Haposan doang, belum tentu orang tau. Nama Haposan jutaan di Batak sana, Bung.

Mesin honing canggih kudu rogoh kocek sangat dalam. Haposan tak hilang akal. Otaknya tetap di kepala. Doski coba rakit sendiri. “Kemampuannya tak kalah dengan yang mahal. Semisal speed bisa diatur. Dijamin, selain pabrikan,  bengkel mana pun belum ada yang punya. Namun, untuk pembentukan gelombang, masih dilakukan secara manual,” jelas mantan mekanik AHRS ini.

Rata-rata hasil polesan dari pria ngetop peracik klep gede di kalangan dragbike ini, usia mesin mampu dipake hingga 5-7 kali balapan. Apalagi hanya untuk harian. Kualitasnnya sama dengan silinder baru.  

Meski skill Haposan ini terbilang langka, urusan jasa sangat murah. Pria asal Medan tapi besar di Bandung ini, ogah memasang tarip mahal. Cukup Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu, honing bikin awet mesin udah pasti di tangan. Boleh kontak Haposan di 085624212227. Dijamin puas deh! Ka-JP


 

BAGIKAN