nhk

Harley Davidson 500 & 750 Street 2014, Untuk Pasar Asia

ManiakMotor – Harleh, eh, Harley-Davidson (HD)  bolehlah ‘turun derajat’ demi memperluas pasar. UUD juga, ujug-ujug duit.   Di EICMA mereka pamerkan HD berkapasitas 500 cc. Bukan hanya cc yang diturunkan, termasuk perkakasnya yang minimalis. Tapi penampilan tetap HD yang bentuknya dari zaman ke zaman tetap HD.

Matt Levatich, President & COO Harley-Davidson Motor Company menjelaskan tujuan munculnya HD 500 Street. Katanya, ini HD akan dijual ke seluruh penjuru dunia. “Sebenarnya ada juga yang 750. Cocok buat kaula muda di kota mana pun mereka berada,” kata Levatich.

Ia juga menjamin, walau HD ini kapasitas lebih kecil dari secara umum yang diproduksi di Amrik, tidak menghilangkan rasa HD. Yaaah, suaranya tetap stereo yang diproduksi mesin khas V-Twin. Torsi besar sesuai kapasitasnya.  Juga motor akan mejejak jalanan ala cruiser HD. Lihat saja bobotnya 218 kg, ciri motor  yang  nyaman.

Pokoknya duduk di jok model pelana kuda, kaki tetap selonjor, karena pijakan kaki tetap  di tengah mesin dan joknya mundur. Setang kemudi maju, hehe. Mirip-miriplah dengan tipe HD Sporster yang 750 yang sempat booming sejak 1950-an.

Tetapi Street ada yang 500 cc yang dimensi lebih kurus dari Sporster. Kira-kiranya, 500 Street mengincar pasar Asia, termasuk Asean dan sekalian Indonesia. Ya, mudah-mudahan harganya bersain pada mesin yang tetap menggunakan push rod  sebagai batang penyambung gerakkan kruk-as dan noken-as. Ah, itu baru namanya tetap ‘Harleh’. MM

BACA JUGA

Kawasaki Z1000 2014; Supernaked Yang Tidak Nekad

Ducati Moster 1200 2014; Si Monster Yang Tidak Menakutkan

Honda FireBlade SP 2014; Sudah Ada Tuh, Di Milan..!

MV Agusta Turismo Veloce 800 2014; Sangar Bin Gahar, 8 Tingkat Kontrol Traksi

 

 

BAGIKAN