nhk

Hasil KMHE 2018, Urban Listrik Paling Hemat Energi, Rekor Pakai Ban Prototype FDR

Prototype radial ini dirancang sebagai ban hemat energi

ManiakMotor – Event tahunan Kontes Mobil Hemat Energi 2018 telah berakhir. Di situ  terjadi pecah rekor untuk kelas Urban Listik. Cerita rekor, gesekan ban dan aspal dari kompon FDR penentunya. Dilakukan Mekatronic Tim 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka menggunakan ban prototype FDR berhasil menempuh 335,09 km/kwh, hasil terbaik di kelas Urban Listrik. Padahal kompetisi tingkat dunia hanya sekitar 200km/kwh.

Chamilus Ali Santo sebagai direktur marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries, menyerahkan hadiah

“Dalam lomba ini kami selalu fokus terutama pada penggunaan ban. Selalu dianalisis tekanan ban yang berlaku, misal tekanan 70 psi, 75 psi, 80 psi, 85 psi sampai 90 psi. Dengan cara ini pengaruhnya terhadap efisiensi kendaraan bisa dibuktikan. Dengan ban FDR kendaraan jadi lebih irit,” kata Mohammad Jufri selaku pembimbing Mekatronic Tim 1.

Bandingkan dengan juara 1 kelas Urban Listrik dalam kompetisi tingkat Asia SEM 2018. Predikat ini diraih oleh tim dari Lac Hong University, hanya menempuh 129,3 km/kwh. Sedang pada kompetisi yang sama hasil juara 1 kelas Urban Listik KMHE 2017 adalah 154,435 km/kwh yang dibukukan oleh tim Titen EV-3. Pada KMHE 2016, Tim Bumi Siliwangi 4 yang jadi juara kelas Urban Listrik dengan perolehan 160,382 km/kwh.

Ban ini yang mencatatkan rekor.

“Setelah memakai ban FDR, yang paling utama bobot ban. Total berat mobil kami jadi berkurang. Hasilnya pencapaian kami itu sangat drastis sekali, tidak disangka-sangka. Itu  bisa dua kali lipat dibanding ban standar,” kata Alfin manajer Mekatronic Tim 1.

Chamilus Ali Santo sebagai direktur marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR mengatakan, bahwa FDR akan terus melakukan perbaikan dan inovasi. Juga isa terus berkontribusi menciptakan ban yang ramah lingkungan dan hemat energi.

“Harapannya tahun depan, ban FDR dapat lebih optimal lagi dalam kualitas produk. Termasuk kesiapannya menjelang acara KMHE, supaya semua tim yang disupport dapat mengambil manfaat sebanyak-banyaknya. Terakhir, semoga tim dari Indonesia bisa memenangkan kejuaraan berikutnya, yaitu SEM 2019 di Thailand,” ujar Chamilus lebih lanjut.

FDR Awards
Selain perebutan juara di kelas Urban, pada KMHE 2018 juga diselenggarakan FDR Awards. Diberikan pada tiga tim yang menggunakan ban prototype FDR dengan catatan waktu tercepat dari tim-tim yang finis tiga teratas di kelas Urban Concept. Tahun ini juara pertama diraih dari Universitas Negeri Surabaya (UNESA) lewat tim Garnesa DV.

Mekatronic Tim 1 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan menggunakan ban prototype FDR berhasil mencatatkan jarak 335,09 km/kwh

“Terima kasih atas support ban FDR, ketika kami riset kemarin hasil kami tidak seperti ini.  Terima kasih atas support dari ban FDR dari hasil kami melonjak 2 kali setelah pakai ban FDR untuk kompetisi ini makin lebih ringan, skornya lebih banyak dibanding sebelum race,” ujar pewakilan tim Garnesa DV.

Sementara untuk juara kedua diraih tim Bumi Siliwangi 4 dari Universitas Pendidikan Indonesia yang berlaga di kelas Urban Listrik. Juara ketiga diraih kembali oleh tim yang berlomba di kelas Urban Diesel, yaiitu tim Antasena ITS.

Berikut para pemenang Kontes Mobil Hemat Energi 2018:
Kelas Urban Listrik
Mekatronic Tim 1 335,09 km/kwh
Bumi Siliwangi 4 174,09 km/kwh
Nogogeni Tim 1 163,04 km/kwh

Kelas Urban Diesel
Garnesa DV 142,14 km/l
Bengawan Tim 135,30 km/l
Antasena ITS 130,86 km/l

Kelas Urban Gasoline
ITS Tim Sapuangin 384,48 km/l
Sadewa Hore 330,21 km/l
Tim Semar UGM 280,608 km/l

Kelas Urban Ethanol
Nogogeni ITS Tim 2 233,83 km/l
Semeru Tim 2 185,17 km/l
IST Akprind 1 166,38 km/l

Pemenang FDR Awards
Juara 1 Kelas Urban Diesel, Garnesa DV
Juara 2 Kelas Urban Listrik, Bumi Siliwangi 4
Juara 3 Kelas Urban Diesel, Antasena ITS

BAGIKAN