Hasil MotoGP Prancis 2023: Bezzecchi Kabur! Banyak Kecelakaan Hingga Hampir Adu Jotos antara Vinales dan Bagnaia

Maniakmotor –  Balapan ke-1000 MotoGP sejak tahun 1949 di Sirkuit Le Mans, Prancis pada 14 Mei 2023 menjadi balapan dengan sangat banyak kecelakaan dan kemenangan tiga kali lipat bagi Ducat.

Tapi enggak lupa selamat dulu untuk Marco Bezzecchi yang mencatatkan namanya menjadi pemenang balapan ke-1000 MotoGP.

Doski kabur dari kecelakaan-kecelakaan yang terjadi baik di depannya, maupun di belakangnya ketika memimpin perlombaan.

Pertama ada kecelakaan yang terjadi tepati di depan Marco Bezzecchi, yakni ketika Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia harus saling bersentuhan.

Sebenarnya Maverick Vinales menyalip Francesco Bagnaia dengan bersih. Namun yang namanya racing incident, tentu tidak ada yang bisa menyalahkan Bagnaia ketika doski mengangkat motornya ke racing line yang sama seperti Maverick Vinales.

Walhasil, keduanya harus terjatuh dan mencium pasir Sirkuit Le Mans. Di pinggir lapangan, siapa sangka dua pria yang terkenal kalem itu bisa saling adu mulut hingga hampir adu jotos.

Wajar sih, kan Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia sama-sama enggak lihat satu sama lain ketika keluar tikungan. Keduanya saling menyalahkan untuk beberapa saat, namun kembali ke paddock dengan motor bebek yang sama dan saling memaafkan,

Weits,  di putaran yang sama juga terjadi kecelakaan antara dua pembalap yang merupakan adik dari 9 kali juara dunia dan 8 kali juara dunia MotoGP. Mereka tidak lain adalah Luca Marini dan Alex Marquez.

Luca Marini kehilangan traksi ban depan sehingga terjatuh di depan Alex Marquez. Sementara Alex Marquez tidak punya kesempatan untuk menghindar sama sekali dan tersangkut ke bagian winglet motor Ducati Desmosedicci tim Mooney VR-46 milik Luca Marini.

Tapi dari sana kecelakaan demi kecelakaan yang terjadi hanya terjadi secara tunggal. Misalnya Joan Mir, yang mungkin sudah bosan kalau dengar doski terjatuh. Lalu mantan rekan setimnya, Alex Rins, atau Jack Miller yang padahal sempat memimpin perlombaan ini.

Oh iya, Marc Marquez yang bertarung sengit memperebutkan posisi ke-2 juga demikian Kelihatan, tangannya belum benar-benar sembuh, yang mengakibatkan ia akhirnya kehilangan kendali atas motornya.

Namun usai Marc Marquez crash, seisi Sirkuit Le Mans bisa bersorak-sorai. Bukan karena Bezzecchi yang finis di urutan ke-1, namun Johann Zarco bisa mendapatkan posisi ke-3 sebagai perwakilan tuan rumah Perancis.

Berikut hasil lengkap MotoGP Perancis 2023:

Hasil MotoGP Le Mans/F:

1. Marco Bezzecchi (I), Ducati, 27 lap dalam 41:37.970 menit
2. Jorge Martin (E), Ducati, +4.256 detik
3. Johann Zarco (P), Ducati, +4.795
4 .Augusto Fernández (E), KTM, +6.281
5. Aleix Espargaró (E), Aprilia, +6.726
6. Brad Binder (ZA), KTM, +13.638
7. Fabio Quartararo (F), Yamaha, +15.023
8. Fabio Di Giannantonio (I), Ducati, +15.826
9 Takaaki Nakagami (J), Honda, +16.370
10 Franco Morbidelli (I), Yamaha, +17.828
11 Danilo Petrucci (I), Ducati, +29.735
12 Lorenzo Savadori (I), Aprilia, +36.125
13. Jonas Folger (D), KTM, +49.808
– Marc Márquez (E), Honda, 2 lap ke belakang
– Jack Miller (AUS), KTM, 3 lap ke belakang
– Alex Rins (E), Honda, 13 lap di belakang
– Joan Mir (E), Honda, 15 lap di belakang
– Luca Marini (I), Ducati, 22 lap di belakang
– Alex Márquez (E), Ducati, 22 lap di belakang
– Francesco Bagnaia (I), Ducati, 23 lap di belakang
– Maverick Viñales (E), Aprilia, 23 lap di belakang