nhk

Hector Barbera Sambung Tulang Pakai Titanium

 

ManiakMotor – Apes bener nasib Hector Barbera. Pembalap tim Pramac Ducati ini harus absen balap sekitar satu bulan. Padahal dia lagi lagi hot-hot-nya dan pecicilan di lintasan. Penyebabnya, dia mengalami patah tulang kaki kiri saat latihan di dekat rumahnya di Spanyol, dua hari lalu (20/7). Tidak jelas benar latihan apa, yang pasti saat dia latihan fisik menghadapi balap Laguna Seca, Amerika (22/7).

 

Enggak pakai lama, Hector langsung dibawa ke rumah sakit dan menjalani operasi penyambungan tulang. Bukan lantaran pembalap terus mentang-mentang sambungannya pakai bahan titanium. Bukan. Ini memang teknik sambung tulang paling modern yang bisa dilakukan dokter Xavier Mir yang buka ‘bengkel’ di Instituto Universitario USP Dexeus, Barcelona.

“Operasinya berjalan lancar dan baik. Saya yakin, dia bisa keluar dari rumah sakit dalam 2 hari dan mulai bisa latihan kecil dalam 7 hari ke depan,” ujar Xavier Mir pada pembalap yang membela Pramac Racing Team yang menggeber Ducati di MotoGP itu.

Soal lamanya proses rehabilitasi, sang dokter tidak bisa menjawab pasti, “Semua tergantung dari dia sendiri. Namun paling tidak, dia tidak bisa membalap antara 4-6 minggu. Kami akan pantau terus perkembangannya,” bilang dokter itu lagi. Wah, masih kalah dengan dokter tulang di Solo, dong. Seminggu bisa balap lagi.

Jika Hector harus absen 4 minggu, artinya bakal absen 2 seri, Laguna Seca dan Indianapolis. “Saya menyesal dengan kecelakaan kecil ini, karena ini terjadi saat saya lagi tune-in dengan motor dan seluruh anggota tim,” keluh Hector, meski dia memuji kecanggihan dokter Xavier yang mengoperasinya. Bagaimana tidak menyesal, pembalap 25 tahun ini di Mugello bisa nge-fight sama pembalap pabrikan.

Lucu dan sekalian miris. Di saat aturan MotoGP melarang penggunaan titanium yang mahal, Hector malah memasang pada tubuhnya.  Ya sudahlah, kamu konsentrasi sama proses penyembuhan saja dulu deh. Yon

BERITA TERKAIT:
Hasil Semua Sesi MotoGP Laguna Seca, 27-29 Juli 2012
Titanium Bikin Mahal MotoGP
MotoGP Mugello, Pasti Rangkanya Lorenzo..!
MotoGP Mugello, QTT Pedrosa Karena Dielus Tim
Masao Furusawa : Godfather-nya Yamaha YZR-M1
Laguna Seca Berbenah Diri Hadapi MotoGP


 

BAGIKAN